Rancangan Dua Faktor : Rancangan Acak Lengkap (RAL Faktorial) - Galinesia

23 Mei 2019

Rancangan Dua Faktor : Rancangan Acak Lengkap (RAL Faktorial)



Percobaan yang dilakukan di lahan terbuka cenderung memiliki ragam yang lebih banyak dari pada percobaan yang dilakukan pada green house. Pengaruh lingkungan pun tidak hanya 1 macam saja tetapi juga dipengaruhi oleh berbagai faktor secara serentak selama hidupnya. Respon organisme atau objek percobaan terhadap suatu faktor dapat disebut sebagai faktor tunggal. sehingga hasilnya pun akan berbeda dengan objek percobaan yang dipengaruhi oleh lebih dari satu faktor.

Selain itu antara pengaruh faktor 1 dan faktor lain terkadang saling mempengaruhi. jelasnya hasil yang diperoleh dari suatu percobaan dengan faktor tunggal hanya dapat diterapkan terhadap level objek tertentu dan faktor-faktor lain yang diusahakan tetap sama selama percobaan dilakukan.

Nah, dari situlah dapat disimpulkan bahwa suatu percobaan yang diberi perlakuan atau tidak dikenai perlakuan pasti akan dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang memiliki lebih dari satu faktor. percobaan tersebut dinamakan percobaan faktorial atau percobaan yang terdiri lebih dari satu faktor.

jika sudah demikian maka respon terhadap faktor yang diminati di harapkan berbeda pada level-level faktor lain. Oleh karena itu alangkah lebih baiknya jika menghindarkan percobaan dengan faktor tunggal. artinya perlu dipertimbangkan pelaksanaan percobaan dengan faktor ganda atau percobaan faktorial untuk mengatasi dua atau lebih faktor secara bersamaan yang mempengaruhi percobaan.

Interaksi dua faktor atau lebih dikatakan saling berkaitan atau saling berinteraksi jika pengaruh atau efek faktor yang satu berubah dengan berubahnya level pada faktor lain. Berdasarkan definisi tersebut maka interaksi dari sejumlah k faktor (dimana k>2) dapat diartikan sebagai perbedaan pengaruh interaksi (k-1) faktor terhadap level-level faktor yang ke k.

Lebih mudahnya faktor disimbolkan dengan huruf kapital (A, B, C, ... dst). Sedangkan level umumnya disimbolkan dengan huruf kecil sesuai dengan indeks.

Contoh :

Untuk menjelaskan mengenai pengaruh interaksi (efek interaksi), dilandaskan pada percobaan faktorial 2 faktor yaitu A dan B, dimana masing-masing faktor terdiri dari 2 level yaitu a0 dan a1 sedangkan faktor B terdiri dari bo dan b1. apabila keempatnya dikombinasikan maka susunannya dapat ditulis sebagai berikut a0b0, a1b0, a1b1, a0b1.

Efek tunggal A pada b0 = a1b0-a0b0
Efek tunggal A pada b1 = a1b1-a0b1
Efek tunggal B pada a0 = a0b1-a0b0
Efek tunggal B pada a1 = a1b1-a0b0


Macam-macam percobaan faktorial

a. Faktorial L pangkat jumlah faktor. Misalnya, faktorial 2 faktor maka 2 pangkat 2, faktorial 3 faktor maka 2 pangkat 3, dst
b. Faktorial L1xL2xL3x...dst adalah percobaan faktorial di mana setiap faktor terdiri dari banyaknya level berbeda. Misalnya, 2x3 ; faktorial 2x3x5....
c. Percobaan faktorial tautan atau confounding
d. Percobaan faktorial dengan model efek faktor utama yang dipahatkan. Contohnya yaitu :
1. Desain split plot
2. Desain strip plot
3. Desain split split plot

Percobaan Faktorial

Faktor A dan B
Level : a ... Dan b....
Ulangan : r
Design/racangan : bisa RAL, RAK, ataupun RBS
Model linier :


Keterangan


Rancangan Acak Lengkap Faktorial
Bentuk linier dari rancangan acak lengkap faktorial  terdapat pengaruh interaksi faktor a dan b.


Bentuk annova dari RAL faktorial :



Berikut adalah rumus perhitungannya : 

Comments