Pengertian & Perbedaan Evaporasi dengan Kondensasi - GALINESIA
Perubahan bentuk benda merupakan hal yang sudah lazim adanya di bumi ini. baik itu perubahan benda dari yang pada mulanya adalah benda padat menjadi benda cair atau dari benda cair menjadi gas. Penting bagi kita untuk memahami itu, karena dengan kita tahu mekanisme perubahan benda tersebut maka kita akan menjadi paham betapa kompleksnya mekanisme siklus hidup di bumi ini.

Terkait Perubahan bentuk benda, kita  mengenal beberapa istilah yang disesuaikan dengan mekanisme terjadinya perubahan tersebut. Istilah-istilah yang sering kita kenal meliputi evaporasi kondensasi dan transpirasi. Lantas apa yang dimaksud dengan evaporasi kondensasi dan transpirasi itu sendiri ? Dan kemudian apa perbedaan dari ketiga macam perubahan bentuk benda tersebut?Pada kesempatan kali ini mari bersama kita bahas secara detail terkait tiga hal tersebut agar kita dapat memahami secara gamblang apa yang dimaksud kondensasi evaporasi dan transpirasi.

Pengertian Evaporasi

Evaporasi adalah perubahan benda dari semula adalah cair berubah menjadi gas. Atau dengan kata lain evaporasi disebut juga dengan proses penguapan cairan menjadi gas. Contoh yang mudah untuk kita pahami dalam proses tersebut adalah uap air yang berasal dari air atau cairan yang dipanaskan sehingga menguap.

Ilustrasi gambar evaporasi| sumber : wonderpolis

Evaporasi terjadi dikarenakan adanya perubahan molekul yang masuk ke dalam cairan yang mengakibatkan cairan tersebut dapat menguap dengan sepontan. Molekul molekul pada umumnya tidak memiliki energi untuk mempengaruhi molekul lain . Namun karna adanya gesekan antar molekul yang mengakibatkan munculnya suatu energi panas, pada titik drajat tertentu benda cair akan mulai menguap.
Kecepatan proses evaporasi tergantung dari jenis bendanya . Seperti cairan minyak goreng yang molekul nya menghantar energi satu sama lain sehingga proses evaporasi terjadi begitu lambat. Berbeda dengan cairan lainnya.

Pengertian Kondensasi

Kondensasi adalah perubahan bentuk benda dari yang mulanya cair berubah menjadi padat. Atau dengan kata lain kondensasi disebut sebagai proses pengembunan benda berupa gas berubah menjadi benda padat seperti cairan. Fenomena ini sering kita temui di pagi hari saat embun mulai turun dan mengumpul di permukaan permukaan tanah atau dedaunan yang berubah menjadi tetesan air.

Ilustrasi gambae kondensasi | sumber: vaillantcurt

Kondensasi merupakan kebalikan dari evaporasi. Dimana uap air hasil dari evaporasi yang awalnya adalah berupa cairan padat berubah menjadi gas atau uap, pada mekanisme kondensasi uap tersebut diubah kembali menjadi padat berupa cairan. Namun pada proses evaporasi membutuhkan energi panas sedangkan pada proses kondensasi membutuhkan energi dingin.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan pengertian dan perbedaan evaporasi dengan kondensasi. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.