Alat Optik : Pengertian beserta Contohnya - Galinesia

18 Feb 2019

Alat Optik : Pengertian beserta Contohnya

Alat optik adalah salah satu alat yang sangat membantu manusia untuk memberikan informasi tentang benda yang dilihatnya. Alat optik ini sangat membantu dalam aktivitas sehari-hari. Mungkin kita tidak menyadari tapi nyatanya setiap aktivitas manusia tidak terlepas dari manfaat alat optik. Daripada kita bingung mari kita pelajari tentang pengertian alat optik serta contoh-contohnya.

PENGERTIAN ALAT OPTIK 

Cahaya merupakan komponen penting dalam pemanfaatan alat optik. taufik adalah alat yang berupa lensa atau cermin sebagai komponen utama dan memanfaatkan cahaya matahari untuk bisa memantulkan atau membiaskan suatu bayangan benda sehingga dapat dilihat oleh mata. dalam hal ini antara lensa dan cermin serta cahaya matahari adalah komponen utama dalam memanfaatkan cara kerja dari alat optik.

Bagi kalian yang pernah mempelajari fisika mungkin mengetahui beberapa contoh alat optik yang saat sangat berguna bagi kehidupan manusia sehari-hari. Misalnya saja alat optik dapat digunakan untuk menentukan tanggal, di bidang ilmu biologi alat optik juga bisa digunakan untuk melihat makhluk hidup yang tak kasat mata seperti bakteri atau jamur mikro. sedangkan di bidang ilmu astronomi alat optik dapat berguna untuk menentukan waktu seperti bulan ataupun tahun.

agar lebih agar lebih mudah nya berikut ini beberapa contoh alat optik yang seringkali digunakan oleh manusia beserta contoh gambarnya.

MACAM MACAM ALAT OPTIK

1. Mata
mata adalah salah satu alat optik yang sangat berguna bagi manusia karena mata termasuk salah satu indera yang penting untuk melihat benda dan memberikan informasi kepada manusia. mata memiliki komponen-komponen penting di dalamnya di mana setiap komponen memiliki peran yang aktif untuk menginformasikan kepada otakotak yang telah dilihat oleh manusia. berikut adalah gambar komponen-komponen dari mata serta masing-masing perannya.

Ilustrasi gambar oleh rdh512.blogspot.com

mata akan dapat melihat secara jelas apabila masih dalam jangkauan penglihatan.jangkauan penglihatan yang masih dapat dilihat oleh mata manusia adalah antara jarak terdekat dan jarak terjauh dalam istilah fisika jarak terdekat disebut dengan puctum proximum/PP sedangkan jarak terjauh disebut dengan puctum retonum/PR.

Jarak antara PP dan PR adalah 25 cm. Pada jarak tersebut mata normal akan mampu membaca dengan jelas dan mampu melihat benda. Namun tetap saja syarat utama agar benda terlihat yaitu adanya cahaya. apabila pada jarak tersebut mata tidak bisa melihat maka ada beberapa gangguan gangguan mata seperti rabun jauh ataupun rabun dekat bahkan juga bisa disebabkan oleh presbiopi atau mata tua.

Ilustrasi gambar oleh www.sciencemediaedu.com

2. Kamera
Ilustrasi gambar olehf fisikabc

Kamera kamera pertama kali ditemukan oleh seorang muslim yang bernama Al haytham. Mulanya kamera tersusun dari beberapa plat yang mampu mengambil gambar. Kamera tersebut merupakan kamera sederhana yang disebut dengan kamera obscura.

Cara kerja antara kamera dan mata manusia memiliki beberapa persamaan. Persamaannya adalah kamera dengan mata manusia sama-sama menggunakan lensa cembung, persamaan lainnya yaitu diafragma pada kamera memiliki fungsi yang sama dengan iris mata. Sedangkan film pada kamera sama dengan bintik kuning yang ada pada mata manusia. bayangan yang dihasilkan oleh mata dan kamera pun juga sama yaitu nyata terbalik dan diperkecil.

3. Lup
Ilustrasi gambar oleh Detik Forum.com

Lup atau biasa disebut dengan kaca pembesar adalah alat yang digunakan untuk melihat benda yang kecil sehingga dapat diperbesar dengan alat ini. namun benda yang dapat dilihat bukan berarti benda tak kasat mata melainkan benda yang dapat terlihat oleh mata namun kurang jelas karena ukurannya yang kecil. Bayangan yang terbentuk dari lup adalah maya, tegak, diperbesar.

Uniknya lagi lu bisa memfokuskan cahaya matahari. sehingga apabila ada suatu benda yang berada di bawah loop ketika matahari terpancar dengan cara memfokuskan cahaya matahari maka bendatersebut juga akan terbakar karena suhu cahaya matahari pun juga akan terfokus.

4. Mikroskop
Ilustrasi gambar oleh Berpendidikan.com

mikroskop ditemukan pertama kali oleh zacharias Janssen dengan bentuk dan cara kerja yang sangat sederhana. Selang beberapa tahun kemudian dikembangkan oleh Anthony Van leuwenhook. sehingga dari tahun ketahun mikroskop mengalami pembaruan yang sangat pesat.

Mikroskop adalah suatu alat yang digunakan untuk melihat benda yang kasat mata. dengan mikroskop maka benda tersebut dapat terlihat dengan perbesaran yang berbeda-beda. Perbesaran tersebut dapat diatur menggunakan komponen-komponen yang ada pada mikroskop.

berapa komponen-komponen dalam mikroskop yaitu lensa okuler yang berada pada dekat mata, lensa ini berhubungan langsung dengan mata karena berada pada posisi paling atas. Komponen selanjutnya yaitu lensa objektif yang berada pada dengan objek yang memperjelas bentuk objek. Namun fokus pada lensa objektif lebih kecil daripada fokus yang ada pada lensa okuler.

persamaan perbesaran dari mikroskop sama dengan perbesaran yang ada pada cermin cembung. Karena antara lensa okuler dan lensa objektif juga terdiri dari lensa cembung. perbesaran mikroskop didapat dari perkalian antara perbesaran okuler dan perbesaran objektif. Bayangan yang terbentuk adalah maya, terbalik, diperbesar.

Berikut adalah rumus perbesaran dari mikroskop

M = mob × mok

Keterangan :
M      : perbesaran
mob : perbesaran lensa objektif
mok : perbesaran lensa okuler

5. Teleskop
salam ilmu astronomi teleskop sangat membantu para astronot untuk melihat benda-benda yang berjarak jauh. dengan cara kerja teleskop maka benda yang jauhnya tidak dicapai oleh jangkauan mata normal dapat dilihat ataupun diperbesar. beberapa benda yang dapat dilihat oleh teleskop adalah benda benda luar angkasa seperti bintang ataupun planet-planet lain.

teleskop atau biasa disebut dengan teropong terbagi menjadi 2 di mana masing-masing jenis teropong memiliki cara kerja yang berbeda. Jenis-jenis teropong tersebut yaitu teropong bintang dan teropong bumi. akan kami ulas sedikit perbedaan dua kelompok teropong tersebut.

a. Teropong bintang
Ilustrasi gambar oleh fisikaligiputra.com

komponen-komponen utama dari teropong bintang adalah dua lensa cembung yang berperan sebagai lensa objektif dan satu lensa okuler. teropong bintang digunakan untuk mengamati benda-benda luar angkasa dengan mata yang tak berakomodasi. Bayangan yang terbentuk oleh teleskop yaitu nyata terbalik dan diperkecil. Adalah rumus perbesaran dari teropong bintang.

b. Teropong bumi
Ilustrasi gambar oleh slideplayer.info

Berbeda dengan teropong bintang teropong bumi memiliki tiga lensa cembung yang terdiri dari lensa objektif lensa okuler dan lensa pembalik. Bayangan yang terbentuk dari teropong bumi adalah nyata tegak diperkecil. tegaknya benda tersebut akibat dari kinerja lensa pembalik sehingga benda yang terbalik akan tetap seperti benda yang diamati yaitu tegak.
Berikut adalah rumus untuk mencari panjang teropong bumi.

6. Periskop
Ilustrasi gambar oleh fisikabc.com
periskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat benda dalam jarak jauh dengan posisi sudut tertentu. periskop ini biasanya dimanfaatkan oleh pengguna kapal selam untuk memantau kondisi di atas permukaan air laut.

periskop memiliki komponen yang sederhana yaitu terdiri dari tabung yang bengkok. Di dalam tabung tersebut tersusun prisma-prisma cermin yang berfungsi untuk memantulkan cahaya atau memantulkan benda dengan sudut 45°. dengan sudut 45° maka benda yang di tangkap di atas permukaan air laut akan dipantulkan satu persatu oleh cermin sehingga pantulannya sampai ke mata navigator.
Comments