Belajar Ilmu Tajwid Lengkap Untuk Membaca Al-Quran dengan Benar - Galinesia

16 Des 2018

Belajar Ilmu Tajwid Lengkap Untuk Membaca Al-Quran dengan Benar

Membaca Al-Quran adalah salah satu ibadah sunnah disamping shalat dan juga puasa. Membaca Al-Quran merupakan salah satu media ibadah untuk membaca firman-firman allah yang didalamnya berissi seluruh tuntunan atau pegangan bagi manusia sebagai makhluk. Dengan membaca alquran akan membuat hati terasa tenang, apalagi bagimereka yang juga memahami artinya dan juga maknanya maka orang tersebut dapat menga,bil hikmah yang ada di dalmnya.

Ilustrasi gambar belajar ilmu tajwid
Ilustrasi gambar belajar ilmu tajwid | sumber : islamulquran.com

Melihat fenomena sekarang ini banyak sekali ilmu-ilmu yang mengajarkan tentang cara membaca alqurna yang baik. Membaca alquran yang baik tidak hanya tergantung pada jenis lagu yang dipakai tetapi bagus dan indahnya bacaan alqurna juga harus didasari dengan makhroj huruf atau cara membaca. Cara membaca alqurna ini terakngkum dalam ilmu tajwid.

Ilmu tajwid adalah salah satu ilmu yang dikembangkan oleh tabiin (pengikut sahabat Rasulullah). Pada zaman Rasulullah ilmu tajwid belum ada karena rata-rata dafi sahabat dan juga rasul sendiri masih fasih dan juga indah bacaan alqurannya. Namun seiring dengan berjalannya waktu pada tabiin kesulitan dalam memahami cara baca alquran apalagi kalau muslim tersebut bukan berasal dari bangsa Arab sehingga darei pola makhrijnya juga berbeda.

Nah, dari situlah ilmu tajwid dikembangkan. Beberapa kaidah-kaidah tajwid akan kita bahas setelah ini.  Kaidah-kaidh ini akan membantu kalian untuk mengenal jenis hukum bacaan yang ada pada setiap ayat alquran.

HUKUM NUN SUKUN DAN TANWIN

hukum nun sukun dan tanwin di bagi menjadi 5 yaitu Idhar halqi, idghom bighunnah, idghom bilagunnah, ikhfa' haqiqi, dan iqlab. Namun, jika menurut kitab Tuhfatul Athfal, hukum bnaaacn nun sukun dan tanwin dibagi menjadi 4 yaitu idhar halqi, idghom, ikhfa' haqiqi, dan iqlab.
 berikut ulasan masing-masing jenis bacaan.

#1. Idhar Halqi
Idhar menurut bahasa bermakna elas. Suatu bacaan dihukumi bacaa idhar halqi apabila ana nun sukun atau tanwin bertemu huruf halqi. Huruf halqi ada 6 yaitu : ء ه ح خ ع غ
contoh bacaan

: Terdapat tanwin pada lafadz nafsan bertemu dengan hamzah pada lafadz illa.

Cara membacanya
cara mebacanya harus jelas dengan membentuk makhroj huruf halqi. sehingga pada contoh 1 cara mebacanya yauitu dengan mengucapkan lafadz Man' aamana dengan jelas dan lugas. contoh kedua juga harus jelas pelafalannya yaitu ghofurun' khaliim.

#2. Idgham Bighunnah
suatu bacaan dapat dihukum idgham bighunnah apabila terdapat nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf keempat yaitu (ي ن م و).
Bighunnah secara bahasa berarti dengan dengung artinya cara membaca  nun sukun atau tanwin tersebut jika bertemu salah satu huruf 4 maka nun sukun dan tanwin dibaca samar dan langsung masuk ke salah satu huruf 4 tersebut.
contoh bacaannya:

Terdapat nun sukun bertemu dengan huruf ya
: terdapat huruf nun sukun bertemu dengan huruf nun

Cara membacanya :
cara membacanya yaitu huruf nun sukun langsung masuk pada huruf ya' seakan akan tidak ada nun sukun (mayyaqulu).
Pada contoh kedua yaitu nun sukun masuk pada huruf nun sehinga seolah olah pembacaannya terdapat nun dobel (innasiina). 

#3. Idgham Bilagunnah
Apabila terdapat nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf dua yaitu lam dan ro. bilagunnah sendiri memiliki makna tanpa dengung yang artinya nun sukun atau tanwin tidak dibaca dan langsung masuk ke huruf lam atau rok.
Contohnya :

: Tanwin pada ro' bertemu dengan huruf ro' tasdjid.
Cara membaca nya ro' tanwin tidak dibaca tanwinnya dan langsung masuk pada ro' tadjid didepannya (ghofurorrohimma).

#4. Ikhfa Haqiqi
Huruf dalam ikhfa haqiqi ini cukup banyak yaitu terdapat 15 huruf. suatu bacaan di hukum ikhfa haqiqi apabila terdapat nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf 15 cara membaca dari kaidah ini yaitu dengan membaca nun sukun atau tanwin tetapi samar-samar membentuk makhorijul huruf nya salah satu huruf 15 yaitu :
ت ث ج د ذ ز س ش ص ض ط ظ ف ق ك
Contohnya :
: Terdapat nun sukun bertemu dengan huruf ص
: Nun sukun pada lafadz anta bertemu dengan huruf ت
Cara membacanya yaitu huruf nun sukun langsung membentuk makhorijul huruf shod (fangsurnaa).

#5. Iqlab
Iqlab adalah bacaan nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf ba ب. Di sini nun sukun tidak dibaca tetapi langsung masuk ke makhorijul huruf mim. karena mim dan ba memiliki makhorijul huruf yang sama yaitu 2 bibir sehingga ketika pengucapan ba maka yang pertama terbentuk adalah makhorijul mim.
Contohnya :

: Nun sukun bertemu dengan huruf ب

Cara membacanya nun sukun tidak dibaca fan lmembentuk huruf mim dan dibunyikan huruf ب . Oleh karena itu diatas nun sukun terdapat huruf mim kecil karena pertanda bahwa cara m3nbacanya labgsung membentuk makhroj mim dan memudahkan dalam membaca.

HUKUM BACAAN MIM MATI

hukum bacaan mim mati dibagi menjadi tiga yaitu itu komite atau biasa disebut dengan idgham Mimi ikhfa Syafawi dan Izhar Syafawi. Berikut ini akan kita ulas satu persatu mengenai pembagian mim mati.

#1. Idghom Mistli
suatu bacaan di hukum Islam istri ketika terdapat mim mati atau mim sukun yang depannya huruf mim. Cara membacanya yaitu seperti mim yang ditasdjid
Contohnya :
: Terdapat tasdjid pada mim hidup berharokat dlummah karena memudahkan membaca dengung.

#2. ikhfa Syafawi
ikhfa Syafawi adalah suatu bacaan apabila terdapat mim mati yang bertemu dengan huruf ba cara membacanya yaitu mim mati langsung membentuk mim dan pengucapannya melalui bak yang ada di depannya.
Contohnya:
: Mim mati bertemu dengan ba'.

Cara membacanya : mim mati tidak terbaca dan langsung membentuk makhroj ب.

#3. Idhar Syafawi
izhar syafawi adalah mim mati yang bertemu dengan huruf selain mim dan ba. Cara membacanya yaitu mim mati terbaca dengan jelas dan tanpa dengung pelafalan huruf setelah mim mati harus jelas.
Conntohnya :

: Contoh di samping adalah mim sukun bertemu huruf ف
Cara membacanya harus jelas pengucapan mim sukun dan ف.




HUKUM AL

hukum alif lam atau Al dibagi menjadi dua yaitu yaitu idgham syamsiyah dan idhar Qomariyah.

#1. Idgham Syamsiah
adalah apabila alif lam yang kemudian bertemu dengan huruf 14 yaitu.
Ciri utama dari idgham syamsiah adalah alif lam yang tidak dibaca sukun. Sehingga seolah-olah Al Islam itu tidak terbaca dan langsung masuk pada huruf setelahnya. Ciri lainnya yaitu hurufnya selalu bertasbih contohnya :
: Huruf syamsiah adalah ش yang bertasdjid.



#2. Idhar Qomariyah
idhar Qomariah adalah hukum bacaan Al yang di depannya bertemu dengan huruf 14
Ciri utama dari idhar Qomariah adalah alif lam yang tetap dibaca atau memiliki harakat sukun dan biasanya hurufnya ini tidak bertasdjid .
Contohnya :
: Huruf qomariyah pada contoh disamoing adalah alif 


HUKUM LAM JALALAIN

hukum lam jalalah Nini dibagi menjadi dua yaitu lam jalalah tarqiq dan lam jalalah tafkhim.

#1. Lam Jalalah Tarqiq
Lam jalalah dihukumi tarqiq apabila sebelum lafadz jalalah terdapat harakat kasrah. Contohnya :





#2. Lam Jalalah Tafkhim..
lam jalalah tafkhim yaitu apabila lam jalalah yang sebelumnya harakat dhammah atau fatkhah. Contohnya :





HUKUM RO'

Hukum ro dibagi menjadi dua yaitu ro tarqiq dan tafkhim. Berikut ulasan singkat tentang ro tarqiq dan ro tafkhim.

#1. Ra Tarqiq
Ada beberapa syarat pada huruf ro agar ia dikatakan atau dihukumi tarqiq. syarat yang pertama yaitu apabila rock tersebut berharokat kasrah atau kasratain, ro sukun yang sebelum nya adalah huruf berharakat kasrah maka dia dihukumi ro tarqiq. Sehingga pengucapannya tipis.

#2. Ra Tafkhim
Syarat utama pada ro tafkhim yaitu yang berharakat fathah atau dhommah, dan juga ro sukun yang sebelum nya adalah huruf yang berharakat fathah atau dhommah. Sehingga pengucapannya tebal.

HUKUM MIM DAN NUN BERTASDJID

Hukum mim dan nun bertadjid adalah gunnah musyaddadah. gunnah berarti  dengung adalah bacaan khusus untuk huruf nun dan mim yang bertasdjid. Gunnah secara istilah yaitu suara yang nyaring dan jelas dan keluar dari pangkal hidung serta tidak menggunakan lidah dalam pengucapannya. Bacaan dengung tersebut sealan akan membaca nun dan mim dobel. Contohnya :
 
QOLQOLAH
Huum qolqolah diagi menjadi 2 yaitu qolqolah sugra dan qolqolah kubro. Cara membaca dari qolqolah yaitu memantulkan huruf qolqolah yang di baca mati. Huruf qolqolah ada 5 yaitu.

#Qolqolah Sugro
Adalah qoqolah yang matinya asli karena sukun, berarti qolqolah sugro ini pasti berada di tengah-tengah kalimat pada suatu ayat. Contohnya :

#Qolqolah Kubro
Qolqolah kubro adalah qolqolah yang hurufnya mati karena waqaf. Biasanya qolqolah ini berada di penghhujung ayat. Asalnya, huruf qolqolahnya dalah huruf hidup namun karena berada di akhir kalimat maka hurufnya di baca mati layaknya di sukun.
Comments