Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

Doa SHOLAT TAHAJUD, Tatacara, dan Waktunya (Baik dan Benar)

Doa sholat tahajud - Pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas terkait dengan ibadah sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yaitu sholat dhuha. Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara detail terkait dengan sholat sunnah tahajud yang memilik keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan sholat yang lain seperti salat witir salat tasbih dan lain sebagainya. Apa keunikan sholat tahajud tersebut? Tentu terletak pada waktu pelaksanaan dan doa sholat tahajud itu sendiri.

Ilustrasi gambar Doa sholat tahajud
Ilustrasi gambar sholat tahajud |Sumber : panjimas.com

Sholat sunnah tahajud merupakan sholat sunnah dua rakaat yang diajarkan oleh Rasulullah saw dimana pelaksanaannya pada saat sepertiga malam. Penting kita untuk memahami apa arti kata dari tahajud itu sendiri? Arti kata tahajud dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai bangun tidur. Nah dari arti kata tersebut dapat kita pahami bahwa salat sunah tahajud  dilakukan oleh Rasulullah SAW pada saat bangun tidur di tengah malam. Tentunya beliau melaksanakan salat tahajud setelah melaksanakan salat isya kemudian dan bangun untuk melaksanakan sholat tahajud.

Para ulama bersepakat bahwa shoat tahajud memiliki keunikan yang spesial bandingkan dengan salat salat yang lainnya. Ada beberapa ulama yang berpendapat bahwa salat sunah tahajud merupakan salat sunnah yang paling utama setelah sholat wajib. Hal tersebut idasarkan atas hadits rosulullahryang diosulull Bukhari yang berbunyi:


أَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ صَلاَةِ الْمَفْرُوْضَةِ، صَلاَةُ اللَّيْلِ.

Artinya : “Shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat yang dilakukan di malam hari.”

Sudah semestinya kita sebagai ummat nabi muhammad saw selalu menjunjung tinggi nilai - nilai sunnah yang selalu beliau ajarkan kepada kita semua termasuk melaksanakan sholat sunnah tahajud ini. Kita kembalikan lagi bahwa esensi dari ibadah adalah mendekatkan diri kepada allah. Dan lain dari pada itu, ibadah sunnah berperan dalam memperbaiki ibadah wajib kita yang jauh dari kata sempurna.

Pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi informasi kepada para pembaca semua terkait dengan doa sholat tahajud tata cara sholat tahajud niat sholat tahajud dzikir sholat tahajud dan keutamaan shilat tahajud.

Waktu sholat tahajud


Ilustrasi gambar waktu sholat tahajud
Ilustrasi gambar waktu sholat tahajud | sumber : tabung wakaf

Pada dasarnya kita dapat melaksanakan sholat sunnah tahajud di awal di tengah atau pun di akhir waktu malam. Hal tersebut di karenakan para sahabat nabi menyaksikan nabi muhammad saw melaksnakan sholat tahajud di ketiga waktu tersbeut (awal, tengah, akhir). Sesuai dengan hadist yang di riwayatkan oleh sahabat annas bin malik yang merupakan pembantu nabi. hadist tersebut berbunyi :

مَا كُنَّا نَشَاءُ أَنْ نَرَى رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي اللَّيْلِ مُصَلِّيًا إِلَّا رَأَيْنَاهُ وَلَا نَشَاءُ أَنْ نَرَاهُ نَائِمًا إِلَّا رَأَيْنَاهُ

Artinya : Tidaklah kami bangun agar ingin melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di malam hari mengerjakan shalat kecuali pasti kami melihatnya. Dan tidaklah kami bangun melihat beliau dalam keadaan tidur kecuali pasti kami melihatnya pula.- Hr Annas bin malik
Dalam hadis tersebut terkandang makna yang menjelaskan bahwa rosullah saw dalam mengerjakan sholat tahajud itu tidak terikat oleh suatu waktu. jadi kita dapat mencontoh beliau dalam batasan waktu melaksanakan sholat tahajud. Dapat kita laksanakan di awal waktu malam, pertengahan malam, atau di akhir malam yang biasa disebut dengan sepertiga malam.

Jika kita berbicara tentang waktu utama sholat tahajud, maka tentunya kita mengacu pada pendapat para ulama dan hadist yang telah di riwayatkan oleh shohabat. Para ulama berpendapat bahwa waktu utama kita melaksanakan sholat sunah tahajud adalah di sepertiga malam akhir. Pendapat para ulama tersebut didasarkan atas hadist rosulullah yang di riwayatkan oleh abu hurairah yang berbunyi :

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ فَيَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ وَمَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya : Rabb kami -Tabaroka wa Ta’ala- akan turun setiap malamnya ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lalu Allah berfirman, “Siapa yang memanjatkan do’a pada-Ku, maka Aku akan mengabulkannya. Siapa yang memohon kepada-Ku, maka Aku akan memberinya. Siapa yang meminta ampun pada-Ku, Aku akan memberikan ampunan untuknya”. (HR. Bukhori)

Sepertiga malam yang di maksud dalam hadist tersebut adalah sepertiga malam yang terakhir. beberapa ulama menyimpulkan bahwa waktu malam di bagi menjadi tiga. dimana sepertiga malam yang pertama dimulai pada jam 20.00 dan berakir pada jam 23.00. sepertiga malam yang kedua dimulai pada jam 23.00 dan berakhir pada 01.30. Nah sedangkan sepertiga malam yang terakhir yan di maksud rosulullah dalam hadist yang di riwayatkan oleh abu hurairah tersebut di mulai pada jam 01.30 dan berakhir hingga menjelang subuh.

Tatacara shalat tahajud

Ilustrasi sholat tahajud | sumber : eryprihananto.com

Pada dasarnya salat sunnah tahajud dilakukan dengan jumlah rakaat minimal dua rakaat dan dua kali salam. mengenai jumlah rakaat maksimal tidak ditentukan , namun jumlah rokaat paling banyak pada umumnya adalah antara 8 sampai 12 rokaat. Yang sering para ulama setelah melakukan salat sunah tahajud disambung dengan salat Sunnah witir sebanyak 3 rakaat 2 kali salam. Adapun tata cara salat tahajud dua rakaat dan satu kali salam adalah sebagai berikut :

#1- Membaca niat sholat tahajud

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Bacaan niat sholat dhuha latin : Ushallii Sunnatan Tahajjudi Rak'ataini Mustaqbilal Qiblati Lillaahi Ta'aalaa.

Arti niat sholat tahajud : Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala
Perlu di ingat, bahwa niat sholat tahajud itu di baca secara siri di dalam hati dan di mantabkan melalui lisan. Bukan hanya di lisan saja. Tapi kedua - duanya. Karna niat letaknya adalah di dalam hati. Sedangkan membaca melalui lisan adalah bertujuan untuk memantapkan niat yang kita baca di dalam hati.

#2 - Melaksanakan rukun - rukun sholat
Setelah mengucapkan niat di dalam hati dan di mantabkan melalui lisan, dilanjutkan dengan melakukan rukun - rukun sholat yang jumlahnya ada 13. Di mulai dari takbiratul ihram sampai pada salam yang kedua dan di lakukan secara berurut - urutan dengan khusyu'. Jika belum faham apasaja rukun shalat, silahkan baca rukun - rukun shalat sesuai sunnah.

#3- Membaca doa setelah sholat tahajud
Setelah melaksanakan serangkaian rukun shalat tahajud, jangan bergegas pergi terlebih dahulu. Alangkah lebih baiknya kita duduk tenang memanjatkan do'a kepada allah saw. adapun do'a setelah shalat tahajud adalah seperti di bawah ini .

Doa Sholat Tahajud

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ 

Bacaan Latin Doa Sholat Tahajud
Allaahumma Lakal Hamdu Anta Qayyimus Samaa Waati Wal Ardhi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Anta Malikus Samaa Waati Wal Ardhi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Anta Nuurus Samaawaati Wal Ardhi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Antal Haqqu, Wa Wa’dukal Haqqu, Wa Liqaa’uka Haqqun, Wa Qauluka Haqqun, Wal Jannatu Haqqun, Wannaaru Haqqun, Wannabiyyuuna Haqqun, Wa Muhammadun Shallallaahu ‘Alaihi Wasallama Haqqun Wassaa’atu Haqqun. Allaahumma Laka Aslamtu, Wa Bika Aamantu, Wa ‘Alaika Tawakkaltu, Wa Ilaika Anabtu, Wa Bika Khaashamtu, Wa Ilaika Haakamtu, Faghfirlii Maa Qaddamtu, Wa Maa Akh-Khartu, Wa Maa Asrartu, Wa Maa A’lantu, Wa Maa Anta A’lamu Bihiminnii. Antal Muqaddimu, Wa Antal Mu’akhkhiru, Laa Ilaaha Illaa Anta, Wa Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah

Arti Doa Sholat Tahajud
“Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Untuk lebih jelas dalam membaca dan menghafal doa sholat tahajud disebut berikut kami sematkan video yang akan membantu anda untuk membaca dan menghafal doa sholat tahajud. Silakan putar dan saksikan secara seksama.

Demikian adalah doa salat tahajud yang bisa kalian baca ketika kalian sudah melaksanakan salat tahajud di malam hari. Namun jika kita mampu dan bisa kita bisa menambah atau menggunakan doa lain setelah kita melaksanakan salat tahajud.namun dengan syarat kita harus paham dan mengerti tentang apa yang kita ucapkan untuk berdoa kepada Allah. Hal penting dan perlu kita perhatikan adalah pada saat kita berdoa hendaknya kita menggunakan tata bahasa yang sopan memuji dan memohon. Dan jika anda tidak mampu anda cukup menghafal doa diatas.atau bahkan jika anda tidak mampu juga untuk menghafal doa diatas Anda cukup berdoa kepada Allah dengan menggunakan bahasa sesuai dengan yang Anda pahami dengan konteks kesopanan