Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

10 Manfaat Hebat Jagung Manis Bagi Kesehatan yang Belum Anda Ketahui

Jagung merupakan salah satu hasil pertanian yang paling disoroti setelah padi. Karena apa? Jagung sendiri selain memiliki kandungan karbohidrat juga kaya akan mineral dan vitamin yang tidak dimiliki oleh beras. Nah, keunggulan inilah yang menjadikan jagung sebagai salah satu solusi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sudah tudak diragukan lagi bahwa jagung mengandunng banyak vitamin seperti vitamin b, vitamin c, juga mengandung karbohidrat, lemak, protein, glisina, peolina, air, kalsiau, magnesium, dll. Dengan kandungannya tersebut, jagung manis memiliki manfaat hebat bagi kecantikan dan kesehatan. Nah, sekarang kita akan ulas sedikit 10 manfaat jagung manis bagi kesehatan.

#1. Meningkatkan Daya Ingat
Lazimnya, semakin umur bertambah maka daya ingat seseorang juga akan menurun. Namun hal ini dapat di minimalkan dengan menjaga pola makan serta pola hidup sehat lainnya. Salah satu menjaga pola makan untuk menjaga daya ingat yaitu dengan mengonsumsi jagung manis. Kandubga thiamin dan juga vitamin b1 dapat membantu menjaga dan meningkatkan daya ingat anda sehingga diusia lanjutpun daya ingat anda tetap kuat.


#2. Meningkatkan Kesehatan Penglihatan
Tidak hanya daya ingat saja, diusia lanjut pun daya penglihatan juga akan menurun (presbiopi). Namun daya penglihatan diusia lanjut juga dapat di jaga dengan mengonsumsi jagung manis. Kandungan pigmen zeaxanthin pada jagung manis mpu melindungi mata dari degredasi makula. Kandungan lain yaitu betakaroten dan folat yang mampu menguatkan daya penglihatan.

#3. Mencegah Kanker Paru-paru
Zat kimia cryptoxanthin pada jagung manis telah disebutkan mampu mencegah kanker paru-paru. hal ini telah dilakukan penelitian sebelumnya. Mekanismenya, zat kimia cryptoxanthin tersebut akan diserap oleh tubuh dan berubah menjadi vitamin A sehingga tidak ahanya mampu mencegah kanker patu-paru saja tetapi juga mencegah kankerr lainnya. 
ilustrasi gambar oleh hellosehat.com 

#4. Mengatasi Masalah Jantung
kandungan folat yang dikenal sebagai vitamin B9 pada jagung manis membantu menurunkan asam amino yang ada pada pembuluh darah tubuh. Perlunya asam amino diturunkan karena jika kadar asam amino pada tubuh sudah tidak sesuai dengan jumlah normalnya sangat berpotensi menyebabkan masalah pada organ jantung. Sehingga dengan mengonsumsi jagung manis dapat menurunkan kandungan asam aminon dalam tubuh agar jumlahnya normal.
ilustrasi gambar oleh hellosehat.com 

#5. Meningkatkan Kekuatan Tulang
Mangan, zat seng, dan tembaga pada jagung manis mampu meningkatkan kekuatan otot pada tubuh. selain itu, kandungan zat tersbut apabila dikonsumsi dapat menurunkan rasa sakit arthritis pada perempuan. Kandungan mganesium juga mampu mengurangi mati rasa pada otot dan tubuh.

#6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Jagung manis banyak mengandung vitamin C dan protein . Kandungan protein tersebut dapat membantu dalam meregenerasi sel. Selain itu, kadnungan vutamin c mampu mencegah demam, pilek, dan flu sehingga kekebalan tubuh menjadi terjaga.


ilustrasi gambar oleh hellosehat.com 

#7. Membantu Mengatasi Anemia
Jagung manis mengandung zat besi, kandungan zat besi tersebut dapat membantu mengatasi penyakit anemia. Hal tersebut sudah dilakukan oleh penelitian terbaru yang mengungkapkan bahwa mengkonsumsi jagung manis selama satu bulan dapat membantu meningkatkan jumlah hemoglobin hingga 50% pda tubuh. Selain zat besi, asam folat yang ada dalam jagung manis juga membantu mengatasi anemia tersebut.
ilustrasi gambar oleh nakita.grid.id

#8. Membantu Menurunkan Kolesterol
manfaat lain dari jagung manis yaitu jagung manis mampu menurunkan kolesterol secara tidak langsung. Menurnknnya kolesterol dengan mengonsumsi jagung manis karena jagung manis kaya akan karotenoid, Vitamnin c, serta biopflavonoid. Selain itu, jagung manis juga membantu untuk menyehatkan jantung.


ilustrasi gambar oleh manado.tribunnews.com

#9. Membantu Mencegah Diabetes dan Hipertensi
Dengan mengkonsumsi secara rutin jagung manis dapat membantu dalam pengaturan insulin pada penderita diabetes. Selain itu, jagung manis juga mampu mencegah hipertensi karena kandungan fenolik phytochemicals. Peran dari fenolik phytochemicals yaitu mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh sehingga dengan pelepasan tersebut dapat mengurangi kemungkinan diabetes dan dapat menjalani hidup normal.

#10. Mampu Menyehatkan Kandungan
dengan kandungan asam folat pada jagung manis dapat membantu menyehatkan kandungan pada ibu hamil. asam folat tersebut sangat berfungsi untuk kesehatan janin atau bayi. salah satu faktor penyebab ibu hamil kekurangan asam folat yaitu berat badan yang kurang dan memiliki penyakit cacar saraf. Sehingga dengan mengonsumsi jagung manis akan meningkatkan dan menyediakan asam folat bagi kandungan. 

Sekian ulasan mengenai manfaat jagung manis bagi kesehatan. Budayakan gaya hidup sehat, tidak harus mengonsumsi makanan mahal, yang penting pilihlah makan yang bergizi dalam jumlah yang sesuai takaran. Hidup sehat berawal dari kebiasaan yang sehta. Terimakasih dan semoga bermanfaat.