Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

Mengenal Tepung Jagung dan Tepung Maizena

Jagung merupakan salah satu hasil pertanian yang digunakan sebagi sumber kedua bbahan pangan setelah beras. jagung memiliki kandungan kalium, fospor, karbohidrat, mineral, vitamin B, lemak, protein, dsb. Dari beberapa kandungan jagung tersebut semuanya bermanfaat bagi tubuhnb untuk menunjang kesehatan. Tidak heran dibeberapa wilayah di Indonesia lebih memilih jagung sebagai makanan pokok mereka.

Selain menjadi makan pokok jagung juga menjadi bahan baku utama beberapa produk makanan baik produk jadi ataupun produk setengah jadi. Tujuan dari Agroindustri jagung adalah untuk meningkatkna nilau jual jagung dengan mengubahnya ke bentuk lain. Salah satu produk pangan setengah jadi adalah tepung jagung.

Tepung jagung merupakan produk setengah jadi turunan dari jagung. Tepung jagung merupakan bahan setengah jadi yang siap digunakan untuk pembuaan produk lain. Beberapa produk turunan dari tepuyng jagung adalah Polenta (khas Italia), vla, Saus, biskuit, cookies, dlll.

Tepung jagung banyak dijual disupermarket dan pasar tradisional dengan harga yang relatif. Tidak sedikit orang yang menyebut tepung jagung adalah tepung maizena. Padahal keduanya berbeda loh, Baik dari cara membuat maupun kandungannya. 

Apa Perbedaan Tepung Jagung Dengan Tepung Maizena ?
  1. tepung maizena berwarna putih, sedangkan tepung jagung berwarna kuning atau lebih keruh.
  2. tepung maizena dibuat dengan cara menggiling jagung kemudian diambil saripatinya atau hasil endapan pati, sedangkan tepung jagung diambil dari jagung yang dikeringkan kemudian ditumbuk dan digiling sampai halus. 
  3. tepung maizena memiliki kandungan yang bebas gluten, sedangkan tepung jagung memiliki kandungan gluten. 

Sekilas Tentang Tepung Maizena 

Berdasarkan prosesnya tepung maizena didapat dari endapan pati jagung. Proses awalnya, jagung muda di parut atau di hancurkan. Hasil parutan tersebut kemudian ditamhakan air agar pati dapat terlepas dari materi jagung phasil parutan. Setelah tercampur, adonan tersebut disaring hingga terpisah antar ampas dan pati jagung. Pati jagung yang masih tercampur air kemudian di diamkan dengan tujuan memisahkan anatar air dengan pati jagung. Hasil endapan tersebut berada dibawah sehingga air dapat dibuang dengan mudah tanpa ikut terbuanngnya pati. Pati hasil endapan kemudian dikeringkan hingga tekstur tepung halus.


Tepung maizena sendiri sebenarnya adalah merk dagang dari Mexico, namun karena belum ada nama khusus dari pati jagung akhirnya tepung maizena dijadikan nama umu pati jagung yangs sering kita dengar.

Sejak ditemukannya tepung maizena, tepung ini sudah dijadikan sebagai campuran bahan makanan seperti bubur, biskuit, dan cake. Selain itu, tepung maizena juga dimanfaatkan sebagai campuran saus sehingga saus memiliki tekstur yang kental. Jika dilihat dari bentuk dan tekturnya tepung maizena hampur murup dengan tepung tapioka namun kekenyalannya lebih rendah daripada tepung tapioka. 

Sekilas Tentang Tepung Jagung

Dilihat dari prosesnya tepung jagung lebih sederhana dalam pembuatannya daripada tepng maizena. tepung jagung didapat dari hasil gilingan dari jagung yang sudah kering sehingga pati yang dikandungnya masih menyatu dengan materi-materi jagung. Karena menggunakan jagung kering maka tekstur dari tepung jagung lebih kasar dbandingkan dengan tepung maizena. 


Dulunya, tepung jagung digunakan sebagai bahan untuk mecuci pakaian dikalangan industri yaitu pada tahun 1850. Namun hinga kini tepung jagung masih dimanfaatkan sebagai campuran bahan makanan olahan. 

Beberapa manaaft dari tepung jagung yaitu sebagi campuran cake, juga sebagai lumuran makana cepat saji agar makanan meiliki tekstur yang lebih renyah. Selain itu, kadar campuran tepung jagung dalam makana juga sedikit karena tepung jagung memiliki tekstur yang kasar.