Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

23 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Buah yang satu ini sangat populer sekali di Indonesia. Kandungan buah yang satu ini yang terkenal adalah vitamin C. Dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya, jeruk nipis merupakan jenis jeruk yang paling kaya mengandung vitamin C oleh karena itu rasa dari buah ini sangat masam. Sebenarnya, kandungannya tidak hanya vitamin C saja, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Tidak lupa juga asam sitrat yang membuat rasa jeruk terasa asam.


Beberapa kandungan jeruk nipis tersebut membuat jeruk nipis menjadi ikon dibidang kesehatan dan kecantikan. Di bidang kesehatan jeruk nipis sering dijadikan bahan tambahan ataupun bahan utama beberapa produk kesehatan. Bukan hanya untuk kesehatan, di bidang kecantikan jeruk nipis juga digunakan sebagai bahan untuk menghaluskan kulit dan menyeinbangkan ph kulit.

Nah, sekarang kita akan bahas manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan.

#Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan
  1. Mengatasi sariawan, Dengan kandungan vitamin c nya jeruk nipis menjadi solusi untuk mengobati panas dalam. Caranya dengan membuat teh yang di campur dengan perasan jeruk nipis.
  2. Menurunkan berat badan. Dengan meminum jeruk hangat dipagi hari dan malam hari akan  mampu menurunkan berat badan. Cara ini adalah salah satu penunjang diet. Namun cara ini tidak dianjurkan bagi penderita maagh.
  3. Menurunkan kadar kolesterol karena kandungan flavonoidnya. Caranya sama dengan no. 2
  4. Mengobati asam urat, kandungan asam sitrat pada jeruk nipis mampu melarutkan asam urat secara alami. Caranya, minumlah segelas jeruk nipis setiap pagi.
  5. Mengobati sakit gigi dan gusi bengkak.  Kandungan anti bakteri pada jeruk nipis mampu membasmi kuman dan bakteri penyebab sakit gigi atau gusi bengkak.
  6. Mengobati panu dengan kandungan flavonoid nya. Caranya dengan mencampur 1 sendok perasan jeruk jipis dengan belerang kemudian dioleskan pada bagian kulit panu.
  7. Membantu mengurangi hipertensi. Kandungan kalium pada jeruk nipis bermanfaat untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.
  8. Mengobati batuk yaitu dengan cara mencampurkan perasan jeruk nipis dengan kecap.
  9. Meningkatkan imunitas, dengan kandungan flavonoid dan vitamin c dapat menyegarkan tubuh anda sepanjang hari. Caranya yaitu dengan rutin meminum air perasannya. 
  10. Mencegah kanker. kandungan liminoid pada jeruk nipis mampu mencegah kanker karena kandungan tersebut mampu membersihkan toksik dalam tubuh.
  11. Menyehatkan ginjalAsam sitrat dalam jeruk nipis dapat mencegah proses pengikatan mineral lain yang dilakukan oleh kalsium. Dengan meminum air perasan jeruk nipis setiap hari maka akan menyehatkan ginjal dan juga mencegah terjadi batu ginjal.

#Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kecantikan
  1. Merampingkan badan, jeruk nipis mampu melunturkan detoks pada tubuh yaitu dengan mencampur air perasan jeurk nipis 2 buah dengan air 1,5 liter dan diminum secara rutin.
  2. menghilangkan bekas jerawat, dengan cara mencampur air perasan jeruk nipisdengan putih telur kemudian dioleskan ke wajah sebagai masker mampu menghilangkan bekas jeraewat.
  3. Mencegah timbulnya jerawat baru,  dengan rutin menggunakan masker jeruk nipis mampu mencegah timbulnya jerawat baru karen akuman dan bakteri mamti.
  4. Menyeimbangkan pH wajah, kandungan vitamin c mampu meyeimbangkan ph wajah sehingga kulit wajah menjadi normal dan halus.
  5. Mengatasi wajah berminyak, dengan ph wajah yang normal maka kulit tidak akan berminyak lagi dengan rutin memakai masker jeruk nipis seminggu 3x.
  6. Memutihkan gigi, asam pada  jeruk nipis merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi kuning dengan cara mencampurkan 1 sendok perasan jeruk nipis dicampur dengan 1 sendok garam jemudian dioleskan dan digosok pada gigi yang kuning atau digunakan untuk berkumur.
  7. Menghilangkan bau badan dan ketiak, Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan flavonoid. Kandungan lainnya dalam jeruk nipis adalah asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, macronutrients, serat, dan kalori sehingga menghilangjan bau badan tak sedap. Cara menghilangkan bau ketiak dengan jeruk nipis sama dengan ketika Anda mengaplikasikan deodoran pada ketika Anda. Gunakan sesudah mandi sebagai pengganti deodoran.
  8. Mencerahlan wajah, Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C sehingga  membantu kulit wajah menjadi lebih cerah, terhindar dari jerawat, dan mengatasi minyak berlebih, serta mampu rmengangkat sel kulit mati. Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya sebagai mencerahkan wajah secara alami dan aman.
  9. Mengencangkan kulit, Selain mencerahkan wajah, jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai cara mengencangkan wajah yang alami dan tentunya aman.
  10. Menyamarkan flek hitam, jeruk nipis mampu menghilangkanflek hitam. caranya sama dengan menghilngkan bekas jerawat.
  11. Membersihkan komedo dan menghilangkan komedo hitam. Caranya, bersihkan wajah terlebih dahulu kemudian kompres dengan air hangat. setelah itu pijat bagian kulit yang berkomedo dengan baby oil atau semacamnya, alangkah lebih baiknya jka komedonya sampai keluar kemudian cucilah wajah dan gunakan masker jeruk nipis dan diamkan selama 10 menit kemudian bilas wajah menggunakan air es. 
  12. Menebalkan rambut dan alis. Vitamin C pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut. Anda dapat menggunakan jeruk nipis untuk menebalkan rambut Anda atau untuk mengatasi kebotakan.
Itulah khasita jeruk nipis bagi kesehatan dan kecantikan. semua kan membuahkan hasil jika anda menerapkan sarn-saran diatas dengan rutin. ingat!!! kuncinya harus rutin dan sabar. sekian terimkasih dan semoga bermanfaat :-)