Resep Donat Enak (Premium dan Ekonomis) - Galinesia

23 Okt 2018

Resep Donat Enak (Premium dan Ekonomis)






Kali ini kita akan berbagi resep donat enak, tanpa kentang, minim telur, tapi rasanya enak nih. Yuk capcus ke resep donat yang premium. Siapin bahan bahannya ya.

#Donat Premium
1. tepung 1 kg
2. gula 250gr
3. susu bubuk 50gr
4. ragi(angel) 15gr
5.  improver( if 100)3-5 gr
6. telur 3butir(2 kuning 1 utuh)
7. margarin 50gr
8. bos 75gr
9. garam 15gr
10. Air 450 ml

#Donat Ekonomis
1. tepung 1 kg
2. Fermipan 20 gr
3. Baking powder 1/2 sendok teh
4. Baker bonus 5 gr
5.  Margarin 125 gr
6. Gula 150 gr
7. Garam 10 gr
8. Air 550 ml


untuk pembuatan, tekniknya adalah semua bahan kering seperti tepung, gula, dan susu dicampur kan lebih dahulu dengan fermipan atau bisa juga dengan cara melarutkan fermipan terlebih dahulu kemudian dimasukkan ke dalam bahan kering. tujuan yang agar fermipan dengan bahan kering lainnya dapat tercampur dengan rata dan tidak menggumpal. setelah itu baru tambahkan air serta bahan-bahan lainnya kecuali garam dengan mentega.

Garam dan mentega dimasukkan ketika adonan sudah tercampur rata. tujuannya agar mikroorganisme yang berada pada ragi atau fermipan dapat bekerja secara optimal untuk proses fermentasi. apabila gerak atau mentega dicampur kan di awal maka dapat menyebabkan ragi atau mikroorganisme menjadi mati sehingga roti akan menjadi bantat dan tidak bisa mekar.

Untuk teknik penggorengan nya pun harus diperhatikan. untuk teknik penggorengan yang benar yaitu dengan menggunakan api kecil dan tanpa dibolak-balik. artinya donat digoreng dan hanya di balik satu kali ketika permukaan bagian bawah atau permukaan yang tercelup minyak sudah coklat kemudian dibalik pada bagian atas yang tidak tercelup minyak. Dengan teknik ini maka donat yang digoreng tidak akan menyerap minyak lebih banyak.

Nah, kalo donat premium jika dibikin ukuran 40 gram, satu kilo akan jadi 50 potong. Tipsnya jika pingin jadi banyak, bikin adonannya agak lembek.
Kalo donat ekonomis cocok untuk usaha nih, bisa dijual di sekolah sekolah dengan berbagai macam topping.
Selamat mencoba dan selamat menikmati .......
Comments