Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

Perbedaan Cuaca dan Musim (Pengertian dan Unsur Pembentuknya)

Kali ini kita akan membahas mengenai cuaca dan iklim. Kita sering mendengar dan membaca mengenai cuaca dan iklim, namun tidak jarang loh kita sering keliru dalam membedakan antara keduanya. Padahal dari unsur-unsur pembentuknya saja sudah berbeda. Nah, kita akan ulas sedikit mengenai cuaca dan iklim serta unsur pembentuknya. Terlebih dahulu kita bedakan berdasarkan pengertiannya.

#Cuaca
Merupakan suatu keadaan udara yang terjadi di suatu daerah atau wilayah dalam periode waktu tertentu. Cuaca dapat berubah-ubah dalam waktu singkat yaitu hanya beberapa jam saja dan ditandai dengan perbedaan siang dan malam. Cuaca terjadi karena perbedaan suhu dan kelembaban udara yang terjadi antara suatu tempat dengan tempat lainnya.

Nah, setelah membaca pengertiannya perhatikan kata atau frasa yg ditulis tebal dan ingatlah sebagai keywords. Selanjutnya kita akan membahas mengenai pengertian iklim.

#Iklim
Merupakan kondisi atau keadaan rata-rata cuaca pada suatu daerah yang luas termasuk ditentukan berdasarkan perhitungan waktu yang biasanya mencapai 11 tahun hingga 30 tahun atau waktu yang relatif lama. Selain itu, Iklim pada suatu daerah dipengaruhi oleh letak geografis dan topografi wilayah tersebut, yang artinya perbedaan iklim pada suatu daerah dipengaruhi oleh posisi relatif matahari terhadap daerah tersebut di planet bumi (kedekatan posisi dengan matahari). Nah, disini matahari memiliki peran oenting yaitu sumber energi sekaligus pengendali iklim bagi bumi, sehingga posisi relatif matahari bisa menimbulkan gerak udara dan arus laut.

Sekarang kita bedakan berdasarkan kata dan frasa yang ditulis tebal antara cuaca dan iklim.

Cuaca
1. Pada wilayah sempit
2. Waktu relatif pendek
3. Karena perbedaan suhu dan kelembaban

Iklim
1. Pada wilayah yang luas
2. Rentang waktu relatif lama antara 11 hingga 30 tahun
3. Pengaruh dari letak permukaan bumi terhadap posisi marahari.

Dengan menuliskan masing-masing kata kunci maka kita akan lebih mudah membedakan pengertian antara cuaca dan iklim. Sekarang kita akan membahas perbedaannya berdasarkan unsur-unsur pembentuk cuaca dan iklim dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Unsur-unsur cuaca
1. Suhu
2. Kelembaban
3. Curah hujan
4. Tekanan udara


Unsur-unsur iklim
Unsur iklim dipengaruhi oleh posisi suatu wilayah terhadap matahari.

Kesimpulannya antara iklim dan cuaca saling mempengaruhi jika cuaca berpengaruh terhadap wilayah yang luas dan dalam jangka waktu yang lama akan berpengaruh juga terhadap perubahan iklim. Masing-masing wilayah sebenarnya memiliki iklim yang berbeda namun seiring dengan cuaca yang sering berubah dan tidak menentu dampaknya pun juga akan berpengaruh terhadap perubahan iklim.