Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

Pengertian Industri Kreatif Beserta Penerapan dan Contohnya

Perekonomian Indonesia adalah kunci utama yang memegang tampuk kesejahteraan masyarakatnya sehingga beberapa sektor seperti sektor industri menjadi salah satu pembangun utama bangkitnya perekonomian bangsa ini. 

Pengertian Industri Kreatif Beserta Penerapan dan Contohnya
Ilustrasi gambar industri kreatif | sumber : indiamart

Industri tidak hanya fokus menghasilkan barang  yang harus wujud dan harus diekspor, namun industri juga bisa bergerak dari hal kecil yang kita jarang menyadari bahwa dari beberapa hal tersebut memberikan sumbangsih besar terhadap perekonomian Indonesia. Salah satunya adalah industri kreatif. Nah, langsung saja kita bahas.

Apasih industri kreatif itu?
Industri kreatif adalah sekumpulan aktivitas ekonomi yang terkait dengan penciptaan atau penggunaan pengetahuan dan informasi. Menurut pakar Industri Kreatif mempunyai peranan dalam meningkatkan perekonomian Indonesia secara global. kedepannya, industri kreatif akan menjadi salah satu subsektor penting untuk mengembangkan perekonomian Indonesia seiring dengan kemajuan teknologi khususnya teknologi informasi.

Ketergantungan masyarakat global terhadap teknologi informasi dalam aktivitas sehari-hari telah menyebabkan pertumbuhan eksponensial ke industri kreatif yang mencakup di antaranya industri perangkat lunak komputer, film, musik, publikasi, hiburan, dan fashion. Dari fakta ini, bisa ditarik kesimpulan bahwa faktor utama pendukung bangkitnya industri kreatif adalah teknologi informasi. Beberapa industri kreatif yang ditunjang oleh teknologi informasi seperti advertising, research and development, permainan interaktif, dan lain sebagainya. Sekarang kita bahas satu persatu.

Seperti apa contoh dari industri kreatif?

1. Advertising
Atau biasa disebut dengan periklanan dengan memanfaatkan segala media baik berupa media cetak seperti majalah, surat kabar, brosur ataupun pamflet tetapi juga dalam bentuk lainnya seperti ketika kalian membuka layanan browser dan mayoritas terdapat iklan baik produk ataupun jasa. Nah, contoh tersebut termasuk dalam industri kreatif. Kegiatan ini melibatkan pembuatan ide, design, seni, dan juga kreatifitas.

2. Research and development
Penelitian dan pengembangan menjadi salah satu industri kreatif lainnya yang memberikan peran khusus sebagai penunjang kehidupan sehari hari. Bidang industri ini terkait dengan usaha inovatif yang menawarkan penemuan ilmu dan teknologi, serta mengambil manfaat terapan dari ilmu dan teknologi tersebut guna perbaikan produk dan kreasi produk baru, proses baru, material baru, alat baru, metode baru, dan teknologi baru yang dapat memenuhi kebutuhan manusia baik secara komersial atau tidak. Misalnya penemuan dan pengembangan dibidang pertanian sepeti penemuan golden rice yaitu beras yang mengandung banyak betakaroten sehingga memberikan manfaat ganda bagi manusia.

3. Kuliner
Kuliner merupakan usaha atau industri kreatif yang cukup sederhana untuk dilakukan. Sederhananya tiap manusia pasti membutuhkan makan jadi industri ini sangat berpotensi untuk dikembangkan. Sektor kuliner di indonesia sudah memiliki pasar yang luas dan juga sudah bisa bersaing dengan pasar ritel modern. Sektor kuliner menjadi industri kreatif yang cukup menjanjikan saat ini, karena memiliki nilai ekonomis namun tetap memiliki keuntungan.

Seperti usaha kuliner dari putra presiden Gibran Rakabuming pendiri Chili Pari catering dan Markobar yang saat ini berusaha untuk membuka cabang di beberapa daerah serta adiknya, Kaesang Pengarep dengan karya sang pisangnya yang memanfaatkan pisang lokal sebagai ikon utama dari usahanya. Nah, dari 2 contoh tersebut bisa kita lihat bagaimana manfaatnya dalam mengatasi perekonomian salah satunya yaitu mengurangi prosentase pengangguran didaerahnya. Dilihat dari idenya bahkan industri kreatif dibidang kuliner sangat mudah dilakukan dengan menambahkan sedikit sentuhan kreatifitas.

4. Permainan interaktif 
Pengembangan pada industri permainan interaktif ditunjang oleh munculnya smartphone yang semakin modern sehingga memberikan peluang besar bagi industri ini. Seseorang bisa menciptakan permainan interaktif yang mendidik dan juga dapat meningkatkan kreativitas pengguna dan pemakai aplikasi sehingga permainan yang di hasilkan orientasi nya pada pendidikan dan juga hiburan. Sehingga subsektor permainan interaktif bukan didominasi sebagai hiburan semata-mata tetapi juga sebagai alat bantu pembelajaran atau edukasi.

5. Fashion
Subsektor ini menjadi salah satu bagian yang paling cepat terupdate karena tiap individu terkadang menginginkan dirinya menjadi trade center dibidang fashion dan akhirnya mereka berlomba lonba untuk meningkatkan kualitas design mereka baik secara komersial atau tidak.

Industri ini sebagai salah satu aset untuk pembangun dunia permodelan sehingga bisa dijadikan salah satu modal untuk perkembangan perekonomian. Pada industri ini tidak terlepas dari branding atau pemberian merk dimana merk sangat berpengaruh terhadap perkembangan sektor ini.

Contohnya produk fashion milik salah satu aktris cantik Laudya Chintya Bella yaitu "L" yang diterima dipasaran dan dapat mengurangi konsumsi produk impor masyarakat Indonesia khusunya kaum hawa dan juga menjadi motivasi agar perempuan tidak hanya sebagai konsumer saja tetapi harus lebih cakap dan tanggap menjadi seorang produsen dibidang industri kreatif sub sektor fashion.
Itulah pengertian dan beberapa contoh dari industri kreatif.

Sengaja saya mencantumkan beberapa wirausahawan yang sangat memotivasi bagi pemuda yang menjadi start up dibidang industri kreatif.