Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

Pengertian DAS (Macam-macamnya, Fungsi dan Manfaatnya)

DAS atau singkatan dari daerah aliran sungai adalah wilayah cabang sungai aliran yang mengalirkan airnya pada sungai utama. Pengertian lain menyebutkan DAS adalah suatu wilayah daratan yang merupakan satu kesatuan dengan sungai dan anak-anak sungainya, yang berfungsi menampung, menyimpan dan mengalirkan air yang berasal dari curah hujan ke danau atau ke laut secara alami, yang batas di darat merupakan pemisah topografis dan batas di laut sampai dengan daerah perairan yang masih terpengaruh aktivitas daratan. (PP No 37 tentang Pengelolaan DAS, Pasal 1)

Ilustrasi Sungai Berantas | Sumber : Okezone.com

#Macam-macam Bagian DAS


  • Sub DAS adalah suatu wilayah kesatuan ekosistem yang terbentuk secara alamiah, air hujan meresap atau mengalir melalui cabang aliran sungai yang membentuk bagian wilayah DAS.
  • Daerah Tangkapan Air (DTA) adalah Daerah Tangkapan Air adalah suatu kawasan yang berfungsi sebagai daerah penadah air yang mempunyai manfaat penting untuk mempertahankan kelestarian fungsi sumber air di wilayah daerah
  • Wilayah sungai adalah kesatuan wilayah tata pengairan sebagai hasil pengembangan satu atau lebih daerah pengaliran sungai. (Permen No 39/1989 Tentang pembagian wilayah sungai Pasal 1 ayat 1)
  • Sungai adalah system pengaliran air mulai dari mata air sampai muara dengan dibatasi pada kanan dan kirinya serta sepanjang pengalirannya oleh garis sempadan. (Permen No 39/1989 Tentang pembagian wilayah sungai Pasal 1 ayat 2)

#Fungsi DAS


  1. Mengalirkan air dan menampung
  2. Menyangga kejadian puncak hujan
  3. Melepas air secara bertahap dan teratur
  4. Memelihara kualitas air
  5. Mengurangi pembuangan massa (seperti tanah longsor) dan mengurangi material lain dari daerah yang lebih tinggi.

#Manfaat Adanya DAS

Manfaat adanya DAS adakah sebagai sakuran penampungan air sehingga manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh majusia saja tetapi bagi hewan, dan tumbuhan. Selain itu DAS ini termasuk kedalam potensi gografis indonesia yang harus di manfaatkan agar mendapatkan keuntungan dari alam.

#Tujuan Pengelolaan DAS


  • Mengkonservasi tanah pada lahan pertanian larena tersedianya air yang cukup.
  • Memanen/menyimpan kelebihan air pada musim hujan dan memanfaatkannya pada musim kemarau sehingga menjadi tempat cadangan air.
  • Memacu usahatani berkelanjutan dan menstabilkan hasil panen melalui perbaikan pengelolaan sistem pertanian dengan memanfaatkan lahan subur di DAS
  • Memperbaiki keseimbangan ekologi (hubungan tata air hulu dengan hilir, kualitas air, kualitas dan kemampuan lahan, dan keanekaragaman hayati) sehingga sekua bosa berproses secara seimbang.
Itulah sedikit ulasan mebgenai DAS sehingga penting untuk mengelolanya. Karena kualitas air sunga ditentukan oleh aliran sungai yang ada di DAS. Ketika sungai aluran yang ada di DAS kualitasnya jelek atau keruh maka tidak menutup kemungkinan di sungai utama juga akan keruh dan kotor.