Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

Macam - Macam Paragaraf (Penjelasan dan Contoh Lengkap)

Macam - Macam Paragraf - Nah kali ini kita akan belajar mengenai paragraf dan jenis jenisnya. paragraf adalah susunan dari beberapa kalimat yang memiliki pokok kalimat atau kalimat utama. Paragraf berupa satu pokok kalimat dan diikuti dengan beberapa kalimat pendukung. Pokok kalimat Biasanya berupa pernyataan sedangkan kalimat pendukung Biasanya berupa data atau fakta fakta lainnya. Dalam satu paragraf biasanya berisi minimal tiga kalimat di mana terdapat satu kalimat pokok dan 2 kalimat pendukung. 


Setiap paragraf memiliki tipe tipe tersendiri. Manfaat untuk mempelajari macam-macam paragraf dan jenis-jenisnya memudahkan kita untuk menentukan makna kalimat pokok dan makna kalimat pendukung. Hal ini perlu dilakukan untuk kepentingan referensi atau membuat karya tulis. Oke sekarang kita akan memilah-milah sesuai dengan kategori nya. 

#. Berdasarkan Letak Kalimat Pokok atau Kalimat Utama :

1. Paragraf deduktif
Paragraf deduktif adalah Paragraf yang dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat topik kemudian diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas. Pokok kalimat berada pada kalimat paling depan.
Contoh :
Jagung merupakan salah satu komoditas pangan yang sering mengalami fluktuasi. Data BPS menunjukkan bahwa tahun 2012 hasil panen mencapai 40 ton. Pada tahun 2015 mengalami kenaikan hingga 50 ton dan turun lagi pada tahun selanjutnya mencaoai 45 ton.
Keterangan :Kalimat yang tercetak miring sebagai pokok pikiran seda

2. Paragraf Induktif
Paragraf induktif Paragraf yang dimulai dengan mengemukakan penjelasan-penjelasan kemudian diakhiri dengan kalimat topik
Contoh :
Karbohidrat merupakan salah satu kandungan jagung yang penting bagi kebutuhan manusia. Selain karbohidrat, jagung juga mengandung mineral dan vitamin. Beberapa kandungan dalam jagung tersebut dapat dijadikan sumber karbohidrat kesua setelah nasi 

3. Paragraf Campuran
Paragraf yang dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat topik kemudian diikuti kalimat-kalimat penjelas dan diakhiri dengan kalimat topik.
Kalimat topik yang ada pada akhir paragraf merupakan penegasan dari awal paragraf.
Contoh :
Komunikasi menjadi kebutuhan penting untuk aktivitas manusia.  Kegiatan apa pun yang dilakukan manusia pasti menggunakan sarana komunikasi, baik sarana komunikasi yang sederhana maupun yang modern. Kebudayaan dan peradaban manusia tidak akan bisa maju seperti sekarang ini tanpa adanya sarana komunikasi.

Untuk memahami lebih jelas terkait dengan macam macam paragraf berdasarkan letak kalimat utama silahkan baca artikel yang berjudul Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, dan Campuran

#.Berdasarkan Tujuannya :

1. Paragraf Narasi ( Menceritakan )
Paragraf Narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian yang didalamya terdapat alur cerita, setting, tokoh dan konflik tetapi tidak memiliki kalimat utama. Ciri-ciri paragraf narasi: ada kejadian, ada palaku, dan ada waktu kejadian.

Contoh Paragraf Narasi :
Kala itu, sang Dewi sedang menulis tapi ia lupa kalau yang ditulisnya ternyata adalah isi perasaannya. Sebelumnya ia telah selesai menulis, ya menulis cerita pahit yabg dipikulnya. Ialah suhita, ratu  yang tangguh.

2. Paragraf Deskripsi ( Menggambarkan )
Paragraf Deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seakan bisa melihat, mendengar, atau merasa objek yang digambarkan itu. Objek yang dideskripsikan dapat berupa orang, benda, atau tempat. Ciri-ciri pararaf deskripsi: ada objek yang digambarkan atau menggunakan panca indera.

Perempuan itu tinggi semampai. Jilbab warna ungu yang menutupi kepalanya membuat kulit wajanya yang kuning nampak semakin cantik. Matanya bulat bersinar disertai bulu mata yang tebal. Hidungnya mancung sekali mirip dengan para wanita palestina.

3. Paragraf Persuasi ( Mengajak )
Paragraf Persuasi adalah paragraf yang mengajak, membujuk, atau mempengaruhi pembaca agar melakukan sesuatu. Biasanya berada diakhir kalimat. Ciri-ciri paragraf persuasi: ada bujukan atau ajakan untuk berbuat sesuatu.

Pisang sangat bai kuntuk kesehatan kita. Pisang mengandung banyak kalsium yang sangat berguna untuk pertumbuhan tulang kita. Selain itu, pisang juga memiliki banyak protein yang bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak kita. Oleh karena itu, marilah kita perbanyak makan pisang.

4. Paragraf Argumentasi ( Pendapat )
Paragraf Argumentasi adalah sebuah paragraf opini yang menjelaskan pendapat dengan berbagai keterangan dan alasan yang mendukung dan mendasari. Biasanya berisi satu fakta kemudian terdaoat beberapa opini. Hal ini dimaksudkan untuk meyakinkan pembaca. Ciri-ciri paragraf argumentasi : ada pendapat dan ada alasannya.

Pertanian merupakan sektor penting untuk menunjang perekonomian Indonesia. Sumbangsih semua produk nya menjadi salah satu poin penting mengapa pertanian harus dikembangkan. Komoditas pangan menjadi salah satu produk penting, selain itu komoditas perkebunan juga menjadi salah satu produk penunjang ekspor karena Indonesia menjadi salah satu negara yang mampu menghasilkan produk berkualitas seperti karet. 

5. Paragraf Eksposisi ( Menjelaskan )
Paragraf Eksposisi adalah paragraf yang berisi ide, pendapat, buah pikiran, informasi, atau pengetahuan yang ditulis dengan tujuan untuk memperluas wawasan pembaca. Biasanya berisi tentang keterangan detail terkait suatu obyek.
Ciri-ciri paragraf eksposisi: biasanya terdapat kata "adalah" atau "merupakan" dan merupakan informasi.

Babandotan adalah tumbuhan semak yang biasa tumbuh di tanah-tanah kosong yang tidak terlalu becek dan hanya bisa ditemukan saat musim penghujan. Tumbuhan ini biasanya mempunyai tinggi antara 30-80 Cm, batangnya berwarna hijau kecoklatan, bunganya berbentuk bulat dan berwarna kuning. Selain memiliki bau yang menyengat, ternyata babandotan menyimpan beberapa khasiat penting untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan macam - macam paragaraf . semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.