Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

Pengertian TANAH KAPUR, Ciri-Ciri, Manfaat, dan Persebarannya

Terdapat berbagai macam tanah yang pembentukannya di latar belakangi oleh berbagai macam kondisi iklim, cuaca, proses, dan lain sebagainya. salah satu jenis tanah yang dapat di temui adalah tanah kapur. Namun apa itu tanah kapu ? bagaimana ciri - cirinya ? apa manfaatnya ? dan dimana saja persebaran tanah kapur itu ? berikut adalah penjelasannya

Pengertian TANAH KAPUR, Ciri-Ciri, Manfaat, dan Persebarannya

Pengertian Tanah Kapur 
Secara umum, pengertian tanah kapur adalah jenis tanah yang tidak memiliki unsur hara (atau hanya sedikit) namun memiliki tingkat basa yang tinggi sehingga tidak cocok untuk kegiatan usahatani.
Proses pembentukan tanah kapur bermula dari pelapukan batuan kapur dari gunung, kemudian menjadi tanah berwarna putih. Nama lain tanah kapur juga dapat disebut dengan tanah mediteran yang memiliki makna tanah yang terbentuk dari bebatuan kapur yang yang telah lapuk dan hancur. Nama latin

Tanah kapur jarang digunakan dalam kegiatan bercocok tanah atau usahatani. Namun, tanah ini umumnya digunakan untuk menetralkan tanah yang memiliki tingkat kemasaman yang tinggi. Jadi tanah yang masam dapat di netralkan dengan cara pengapuran dengan tanah kapur atau tanah mediteran ini.

Ciri - Ciri Tanah Kapur
Tanah kapur merupakan jenis tanah yang berbeda dengan jenis tanah - tanah yang lainnya. Hal tersebut di karenakan tanah kapur memiliki ciri-ciri atau karakteristik tersendiri. Berikut adalah ciri - ciri tanah kapur:
  • Tanah berwarna putih
  • Mengandung kalsium dan magnesium yang tinggi
  • Memiliki tingkat kontribusi yang sedikit di bidang pertanian
  • Terbentuk dari pelapukan batuan kapur atau batu kapur yang sudah hancur
  • Sangat mudah untuk dilalui air
  • Sedikit atau Tidak memiliki unsur hara (Tidak Subur)

Manfaat Tanah Kapur
Walaupun jenis tanah ini tidak memiliki kandungan unsur hara di dalamnya, Namun tanah ini memliki tingkat basa yang cukup tinggi sehingga dapat di manfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Berikut adalah manfaat - mafaat tanah masam dalam berbahai bidang :
  1. Dapat digunakan untuk pembentukan zat lemak dan perbanyakan kandungan minyak pada tumbuhan. Hal tersebut jenis tanah ini memiliki kandungan Magnesium yang cukup untuk keperluan tersebut.
  2. Dapat di manfaatkan untuk budidaya beberapa tanaman yang karakteristiknya tidak memerlukan banyak air dalam proses tumbuh kembangnya. Seperti pohon jati dan komoditas jagung.
  3. Dapat di manfaatkan untuk bahan campuran pasir dan semen yang selanjutnya dapat digunakan untuk fondasi, tembok bangunan, dan lain sebagainya.
  4. Dapat di manfaatkan sebagai sarana penurun kadar keasaman pada tanah (tidak netral). Dengan pengapuran (pemberian tanah kapur) yang sesuai takaran hingga tanah menjadi netral kembali (PH=7). 
  5. Dapat dimanfaatkan sebagai pembasmi gulma. Hal tersebut dikarenakan tanah kapur memliki sifat panas apabila tercampur dengan air. 
  6. Dapat dimanfaatan untuk menyusun kembali dindin sel suatu tanaman. hal tersebut dikarenakan tanah kapur memiliki kandungan kalsium (ca) yang berfungsi sebagai detoxification jaringan - jaringan tanaman.
Persebaran Tanah Kapur
Seperti yang kita fahami bahwa tanah kapur ini berasal dari porses pelapukan batuan kapur secara kimia maupun secara fisik. Tentunya, dimana terdapat gunung kapur (gunung karst), maka disitulah tempat dimana tanah kapur itu berada. Nah, ditemukan di beberapa lokasi di Indonesia yang memiliki pegunungan karst, misalnya di: 
  • Sebagian daerah di Jawa Timur
  • Sebagian daerah di Kebumen, Cepu, Blora,
  • Pegunungan Kendeng (Jawa Tengah) 
  • Gunung Kidul (Yogyakarta) 
  • Nusa Tenggara Timur dan Barat Maluku 
Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Tanah Kapur, Ciri-Ciri, Manfaat, dan Persebarannya yang kami rangkum dari berbagai macam sumber bacaan. Semoga bermanfaat dalam penyusunan materi makalah tanah kapur anda. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih  telah berkunjung di situs kami.