Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

Pengertian TANAH GAMBUT, Karakteristik, Manfaat, dan Persebarannya

Artikel tanah gambut - Salah satu jenis tanah yang dapat kita temui di indonesia adalah tanah gambut. Kita sering mendengarkan istilah "tanah gambut sulit untuk di gunakan untuk kegiatan budidadaya". pertaanya yang sering muncul adalah kenapa tidak bisa digunakan budidaya ? Lalu, apa itu tanah gambut ? dan apakah tanah gambut subur atau tidak ? berikut adalah penjelasannya.


Pengertian Tanah Gambut
Secara umum, tanah gambut adalah jenis tanah yang terbentuk dari akumulasi bahan - bahan organik yang tercampur dengan lapisan mineral dan terendapkan. Memiliki kandungan bahan organik yang tinggi yang terbentuk dari sisa - sisa tumbuhan yang belum sepenuhnya membusuk karena kondisi lingkungan yang miskin hara dan jenuh dengan air. Tanah gambut berasal dari pelapukan sisa - sisa tumbuhan, lumut, hingga binatang - binatang yang sudah mati (bahkan yang memiliki umur jutaan tahun).

Kata gambut berasal dari bahasa Banjar (Kalimantan) yang mana, disana terdapat banyak tanah gambut. Namun, tanah gambut memiliki banyak nama yang bervariasi di berbagai macam belahan dunia, seperti  bog, moor, muskeg, pocosin, mire, dan lain-lain. Tidak hanya istilah gambut yang digunakan oleh masyarakat. Namun terdapat istilah lain yang juga dikenal oleh masyarakat, seperti muck yang ditujukan bagi tanah gambut dengan kadar bahan organik 35 – 65 % .

Seperti yang sudah diketahui bahwa tanah gambut merupakan jenis tanah yang miskin akan unsur hara. Selain itu, tanah gambut juga memiliki tingkat kejenuhan basa yang rendah, namun memiliki tingkat kemasaman yang tinggi. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengapuran untuk menetralkan ph tanah agar tanah gambut tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan budidaya tanaman.

Karakteristik Tanah Gambut
Layaknya jenis tanah yang lain, tanah gambut juga memiliki karakateristik / ciri - ciri tersendiri yang membedakan jenis tanah ini dengan tanah yang lain. Nah, berikut adalah beberapa karaktersitik/ciri - ciri tanah gambut:
  • Warna tanah pada umumnya cokelat tua.
  • Merupakan tanah basah
  • Memiliki sifat asam yang tinggi 
  • Tersedia sedikit unsur hara
  • Lembek atau lunak 
  • Banyak terbentuk di wilayah rawa
  • Terbentuk dari bahan organik (tumbuhan atau hewan)
Manfaat Tanah Gambut
Tanah gambut memilik kandungan basa yang rendah dan kandungan asam yang cukup tinggi. Kelebihan dan kekurangan tersebut dapat kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan berbagai macam aktifitas. Adapun manfaat tanah gambut adalah sebagai berikut:

  1. Menambah lahan pertanian, melalui cara pengapuran dengan tujuan menetralkan ph tanah. tanah yang netral akan dapat digunakan untuk kegiatan usahatani di bidang pertanian.
  2. Meningkatkan hasil produksi pertanian, tanah gambut memiliki fungsi yang hampir sama dengan tanah humus yaitu menyuburkan tanah dan kandungan bahan organik pada tanah gambut dapat membantu pertumbuhan tanaman (hingga produksi meningkat). Seperti pada tanaman kedelai, jagung semangka, dan lain sebagainya.
  3. Membantu dalam proses peremajaan hutan, dengan penggunaan tanah gambut hutan akan cepat rinbun dan lebat.
  4. Digunakan sebagai bahan bakar, tanah gambut memiliki kandungan abu yang baik untuk bahan bakar dan kaya akan kalori.
  5. Digunakan sebagai alat pembangkit listrik, dewasa ini tanah gambut mulai di manfaatkan untuk keperluan tenaga pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berbahan dasar gambut.

Persebaran Tanah Gambut di Indonesia
Kita kenal tanah gambut sebagai tanah yang lembab. Lahan gambut umumnya berada di dalam hutan yang memiliki banyak tumbuhan dan spesies binang namun curah hujan cukup tinggi yang mengakibatkan lembab.Tanah gambut ini biasnya terdapat pada lahan yang lembab dan basah atau jenuh air, seperti halnya cekungan, lembah maupun rawa- rawa. Namun berikut adalah daftar luas lahan gambut yang tersebut di berbagai wilayah indonesia:


Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian TANAH GAMBUT, Karakteristik, Manfaat, dan Persebarannya yang kami rangkum dari berbagai macam sumber bacaan. Semoga bermanfaat dalam penyusunan materi makalah tanah gambut anda. Mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan. dan terima kasih telah berkunjung.