Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

Pengertian TANAH Secara Umum dan Menurut Para Ahli di Bidang Pertanian

Istilah tanah tidaklah asing bagi kita sebagai umat manusia. Keberadaanya sangat penting untuk menopang kebutuhan hidup manusia. Berbagai macam aktifitas dalam kehidupan sehari-hari tidak jarang yang melibatkan tanah di dalamnya. Baik dalam hal pemenuhan kebutuhan pangan, dan pembuatan papa (rumah, bangunan, dll) untuk tempat berlindung kita sebagai umat manusia yang hidup di bumi.

Pengertian TANAH Secara Umum dan Menurut Para Ahli di Bidang Pertanian

Namun, apa yang dimaksud dengan tanah ? secara fisik dan menggunakan indra penglihatan, kita dapat mengetahui bagaimana tanah itu, nemun tidak sedikit dari kita yang belum memahami definisi dari tanah itu sendiri. Nah, pada kesempatan ini, penulis mengajak anda semua untuk memahami secara jelas pengertian tanah secara umum dan menurut para ahli di bidang pertanian. Mari kita pahami penjelasan berikut ini.

A- Pengertian Tanah Secara Umum
Secara umum, tanah adalah bagian dari bumi berupa kerak yang tersusun dari bahan organik dan mineral. Bahan organik yang terkandung dalam tanah merupakan bahan bahan yang berasal dari tumbuhan dan makhluk hidup yang terdekomposisi kembali kedalam tanah. Bersama dengan mineral, bahan organik mengalami proses kimia dan fisika untuk membentuk tanah.

Nah, kandungan bahan organik dalam tanah kemudian mengalami proses biologis membuat unsur - unsur hara dalam tanah yang kemudian dapat digunakan oleh manusia untuk bercocok tanam memenuhi kebutuhan pangan makhluk hidup termasuk manusia.

B- Pengertian Tanah Menurut Para Ahli
Kita sudah mengetahui definisi tanah secara umum, namun kita juga perlu mengetahui dan memahami definisi tanah yang pernah di utarakan oleh para ahli yang memang menekuni di bidang pertanian dan geografi. berikut adalah pendapat mereka:

#1- Pengertian Tanah Menurut Bremmer “1958”
Bremmer menjelaskan bahwa tanah merupakan bagian permukaan kulit bumi yang dijadikan oleh pelapukan kimia dan fisik serta kegiatan berbagai tumbuhan dan hewan.

#2- Pengertian Tanah Menurut J.J. Berzelius “Swedia, 1803”
Berzelius memiliki pendapat tentang definisi tanah yang menyatakan bahwa tanah ialah sebagai laboratorium kimia tempat proses dekomposisi dan reaksi kimia yang berlangsung secara tersembunyi.

 #3- Pengertian Tanah Menurut Friedrich Fallou “1855”
Friedrich berasumsi bahwa tanah Tanah dianggap sebagai hasil pelapukan oleh waktu yang menggerogoti batuan keras dan lambat laun mengadakan dekomposisi.

#4- Pengertian Tanah Menurut Justus Von Liebig “Jerman, 1840”
Ilmuan asal jerman bernama Justus memiliki gagasan dan Mengajukan teori keseimbangan hara tanaman “theory balanchesheet of plan naturation” yang menganggap tanah sebagai tabung reaksi dimana dapat diketahui jumlah dan jenis hara tanamannya.

#5- Pengertian Tanah Menurut Dokuchaiev “Rusia, 1877”
Menurut penjelasan Dokuchaiev dalam bukunya, mengatakan bahwa pengertian tanah harus dihubungkan dengan iklim dan dapat digambarkan sebagai zone-zone geografi yang luas, yang dalam skala peta dunia tidak hanya dihubungkan dengan iklim, tetapi juga dengan lingkungan tumbuhan.

#6- Pengertian Tanah Menurut Alfred Mistscherlich “1920”
Alfred, seorang ahli gerografi juga mendefinisikan tanah yang merupakan campuran bahan padat yang berupa partikel-partikel kecil air dan udara yang mengndung hara dan dapat menumbuhkan tumbuh-tumbuhan.

#7- Pengertian Tanah Menurut A.S. Thaer “1909”
Thaer dalam karya bukunya tentang bumi, menjelaskan bahwa permukaan planet terdiri atas bahan remah dan lepas yang disebut tanah, yang merupakan akumulasi dan campuran berbagai bahan, seperti unsur-unsur; Si, Al, Ca, Mg, Fe dan lain-lain.

#8- Menurut E. Saifudin Sarief “1986”
Ilmuan asal indonesia bernama Saifudin yang ahli di bidang pertanian juga menjelaskan bahwa tanah ialah benda alami yang terdapat di permukaan bumi yang tersusun dari bahan-bahan mineral sebagai hasil pelapukan batuan dan bahan organik “pelapukan sisa tumbuhan dan hewan” yang merupakan medium pertumbuhan tanaman dengan sifat-sifat tertentu yang terjadi akibat gabungan dari faktor-faktor alami, iklim, bahan induk, jasad hidup, bentuk wilayah dan lamanya waktu pembentukan.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian TANAH Secara Umum dan Menurut Para Ahli di Bidang Pertanian yang kami rangkum dari berbagai macam sumber literatur. Semoga bermanfaat dalam penyusunan materi makalah tentang tanah. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.

Sumber ;
  • Dosens pendidika; http://www.dosenpendidikan.com/16-pengertian-tanah-menurut-para-ahli-lengkap/
  • Materi pengetahuan umum; https://materipengetahuanumum.blogspot.co.id/2016/10/pengertian-tanah-secara-umum.html
  • Wikipedia; https://id.wikipedia.org/wiki/Tanah