Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

Pengertian, Persamaan, Perbedaan KEPERCAYAAN dan KEYAKINAN yang Mendasar

Sering kita mendengarkan istilah yang biasa disebut dengan kepercayaan dan keyakinan. Sekilah kita pahami, kedua kata tersebut seperti memiliki arti yang sama yaitu "believe" (dalam bahasa inggris). Di suatu sisi, keyakinan umumnya kita artikan sebagai suatu jaminan yang kita miliki terhadap seseorng. sedangkan disisi lain, kepercayaan mengacu pada keyakinan seseorang berada pada orang lain. 



Nah, tidak sedikit dari kita yang di bingungkan dengan adanya kedua kata ini. Terkadang kita juga bingung ingin menggunakan kata yang mana (kepercayaa atau keyakinan). Hal tersebut dikarenakan memang kedua kata tersebut tidak saling berpisah, melainkan memliki keterkaitan satu sama lain. Dalam artikel ini, penulis mencoba untuk mengklarifikasi kedua jenis kata tersebut (yang kadang membingungkan) yang akan kita tinjau dari definisi atau pengertian, persama , dan perbedaan antara kepercayaan dan keyakinan dengan tujuan untuk menumbuhkan pemahaman yang lebih baik.

Pengertian Keyakinan: Apa itu Keyakinan?

Definisi keyakinan adalah sikap yang terbangun atas pengetahuan hingga ia mampu menyimpulkan kebenaran atas suatu gagasan. Pengalaman dan pengetahuan yang banyak, akan dapat melandasi munculnya keyakinan dalam diri seseorang. Dapat di simpulkan, bahwa seseorang yang tidak memiliki keyakinan berarti orang tersebut minim atau kurang akan pengetahuan dan pengalaman. 

Suatu contoh, ketika seorang manager hendak melaksanakan suatu proyek besar dan cukup rumit, maka sudah tentu meneger tersebut membutuhkan seseorang yang ahli, berpengalaman, dan mampu untuk melaksanakan tugas besar dan rumit tersebut. disini letak pentingnya pengetahuan dan pengalaman membangun keyakinan. Pengetahuan manager terhadap kualifikasi pihak lain akan menjadi landasan untuk memutuskan yakin atau tidak untuk memberikan tugas kepada pihak tersebut.


Pengertian Kepercayaan: Apa itu Kepercayaan ?

Definisi kepercayaan adalah sikap seseorang menggap suatu premis itu benar. Berbeda dengan keyakinan, kepercayaan lebih mendasarkan pada kondisi psikologis diri untuk dapat menganggap suatu premis benar. Dengan kepercayaan seseorang lebih dominan untuk mengambil suatu keputusan akan suatu premin, walalupun tidak disertai dengan pengalaman dan pengetahuan. 

Suatu contoh dapat kita pahami, kita lebih dominan untuk memberikan suatu pekerjaan kepada saudara dari pada orang lain walaupun kita belum mengetahui apakah saudara terebut dapat mengerjakannya. Hal tersebut di landasi oleh kondisi psikologis yang memunculkan kepercayaan untuk memberikan tugas kepada saudara dari pada kepada orang lain.


Persamaan antara Kepercayaan dan Keyakinan 

  • Kepercayaan dan Keyakinan merupakan sikap dasar dalam pengambilan keputusan
  • Kepercayaan dan Keyakinan sama sama manghasilkan suatu asumsi kebenaran
  • Kepercayaan dan Keyakinan sama - sama timbul dari hati dan perasaan
  • Kepercayaan dan Keyakinan memunculkan sikap dominan untuk mengambil keputusan
Perbedaan antara Kepercayaan dan Keyakinan 
  • Keyakinan di bangunan atas dasar pengetahuan dan pengalaman, sedangkan kepercayaan atas dasar kondisi psikologis
  • Kualitas hasil keputusan di dasarkan atas keyakinan lebih berkualitas di banding dengan hanya menggunakan kepercayaan.
  •  Membutuhkan waktu yang agak lama untuk memunculkan keyakian, sedangkan untuk memunculkan kepercayaan tidak membutuhkan waktu lama (tergantung kondisi psikologis)
  • Umumnya, Keyakinan dimiliki oleh orang yang memiliki pengetahuan cukup, sedangkan kepercayaan tidak

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian, Persamaan, Perbedaan KEPERCAYAAN dan KEYAKINAN yang Mendasar yang kami rangkum dari berbagai macam sumber bacaan. Semoga bermanfaat dalam menumbuhkan pengetahuan yang berkualitas. terima kasih telah berkunjung. 

Top