Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

Pengertian KEKUASAAN Secara Umum dan Menurut Para Ahli di Bidang Politik

Dalam pelaksanaan suatu kegiatan atau proyek, seorang leader (pemimpin) diharapkan mampu mengorganisasi seluruh anggota untuk melaksanakan tugas tugas sesuai dengan apa yang di instruksikan oleh leader. Leader adalah seseorang yang dianggap mampu untuk mengatur seluruh tahapan pekerjaan dalam suatu organisasi. Atas dasar apa leader tersebut berhak untuk mengatur semua itu ? tentunya atas dasar kepercayaan dan kekuasaan yang di miliki oleh leader tersebut. Lantas apa yang di sebut dengan kekuasaan itu sendiri ? berikut adalah ulasannya.

Pengertian Kekuasaan Secara Umum

Secara umum, pengertian kekuasaan adalah hak wewenang yang di miliki seseorang (umumnya disebut pemimpin) untuk mempengaruhi prilaku orang lain guna melakukan pekerjaan sesuai dengan apa yang telah di perintahkan oleh pemimpin. Dengan kekuasaan yang dimiliki oleh pemimpin, dia dapat memeberikan instruksi kepada orang lain untuk menyelesaikan tugas yang ia instruksikan.

Defini lain dari kekuasaan yang mungkin dapat lebih mudah untuk anda fahami, bahwa kekuasaan merupakan hubungan antara individu atau kelompok dengan individu atau kelompok lain, dimana pihak pertama dapat mempengaruhi tindakan pihak yang lain. 

Power is a relationship in which one person or group is able to determine the action of another in the direction of the former’s own ends

Pengertian Kekuasaan Menurut Para Ahli

Berjalan dengan berkembangnya ilmu pengetetahuan, khususnya ilmu pengetahuan yang berkembang di bidang politik atau pemerintahan, memunculkan banyak teori dan pendapat terkait dengan kekuasaan seseorang dalam politik atau secara umum. berikut adalah pendapat para ahli tentang definisi kekuasaan:

#1- Pengertian Kekuasaan  Menurut Harold D. Laswell dan Abraham Kaplan
Harold D. Laswell dan Abraham Kaplan menjelaskan bahwa suatu kekuasaan adalah hubungan diantara individu.golongan yang bisa menentukan merupakan sebuah tindakan individu atau kelompok yang lainnya ke suatu arah tujuan daripihak yang pertama.

#2- Pengertian Kekuasaan Menurut Max Weber
Max Weber mendefinisikan kekuasaan sebagai kemungkinan bagi seseorang untuk memaksakan orang-orang lain berperilaku sesuai dengan kehendaknya.  Dalam memberkan definisi tentang kekuasaan ini, weber juga mengacu pada teori kekuasaan Max Weber dan teori fungsional struktural talcoot parsons. 

#3- Pengertian Kekuasaan Menurut R.M. MacIver
R.M. MacIver mendefinisikan kekuasaan sebagai kemampuan untuk mengendalikan tingkah laku orang lain, baik secara langsung dengan memberi perintah, maupun secara tidak langsung dengan memper- gunakan segala alat dan cara yang tersedia.

#4- Pengertian Kekuasaan Menurut Walterd Nord
Kekuasaan ialah suatu kemampuan agar dapat mempengaruhi aliran energi dan juga dana yang tersedia agar dapat mencapai suatu tujuan yang tidak sama dan secara jelas dari tujuan yang lainnya.

#5- Pengertian Kekuasaan Menurut Miriam Budiardjo
Miriam budiardjo dalam karya tulisnya menjelaskan bahwa kekuasaan merupakan kemampuan individu atau kelompok untuk mempengaruhi tingkah lakunya individu atau kelompok lain sedemikian rupa, sehingga tingkah laku itu menjadi sesuai dengan keinginan dan tujuan dari orang yang memiliki kekuasaan itu.

#6.-Pengertian kekuasaan Oleh Barbara Goodwin
Dalam karyanya, growin memberikan definisi tentang kekuasaan, yang menjelaskan bahwa kekuasaan adalah: Kemampuan (Force is the ability) untuk mengakibatkan  seseorang bertindak dengan cara yang oleh yang bersangkutan (to cause someone to act in a way which she would not choose), dan tidak akan dipilih seandainya ia tidak dilibatkan (left to herself). Dengan kata lain memaksa seseorang untuk melakukan sesuatu yang bertentangan dengan kehendaknya (In other words to force someone to do something against her will).

Conculsion . . . !
Berdasarkan beberapa pendapat para ahli diatas yang berteori atau beropini tentang kekuasaan, dapat kita tarik suatu kongklusi atau kesimpulan bahwa kekuasaan adalah hak wewenang untuk memberikan instruksi kepada pihak lain, baik itu langsung atau tidak langsung, terpaksa atau tidak, dan sedemikian rupa, agar dapat mencapai suatu tujuan yang di tetapkan di awal.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian KEKUASAAN Secara Umum dan Menurut Para Ahli di Bidang Pemerintahan yang kami rangkum dari berbagai macam sumber bacaan, baik online maupun offline. Semoga bermaanfaat dalam penyusunan makalah tentang kekuasaan anda. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terma kasih telah berkunjung.