Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

Cara Menghitung Angka Pertumbuhan Penduduk Beserta Contohnya

Seperti yang pernah di bahas pada kesempatan yang sebelumnya terkait dengan pengertian pertumbuhan penduduk yang menjelaskan bahwa pertumbuhan penduduk merupakan perubahan populasi dari waktu kewaktu yang dapat di tinjau dari perubahan individu pada periode tertentu. Memang, pertumbuhan penduduk di suatu negara tidak dapat di pungkiri. Namun, pertumbuhan yang positif atau negatif adalah tergantung dari harapan yang dimiliki oleh suatu negara. 


Negara yang baru, tentunya akan mengaharapkan adanya pertumbuhan yang positif untuk mengisi setiap bagian wilayah dan meningkatkan taraf ekonomi dan kinerja suatu bagian wilayah. Berbeda dengan negara yang sudah padat penduduk. negara yang padat penduduk cenderung untuk membatasi peningkatan jumlah penduduk, hal tersebut dikarenakan potensi wilayah yang ada tidak mencukupi apabila populasi penduduk terus bertambah.

Apa yang meyebabkan terjadinya pertumbuhan penduduk ?
Pada kesempatan sebelumnya juga sudah dijelaskan bahwa faktor - faktor pertumbuhan penduduk antara lain adalah kelahiran, kematian, dan migrasi. Nah, dari semua faktor yang mempengaruhi angka pertumbuhan penduduk ini, pada dasarnya hanya ada dua perubahan yakni mengurangi atau menambah. Semakin tinnggi angka kelahiran, kematian, dan migrasi (dari luar ke dalam negri), mengakibatkan populasi penduduk meningkat atau dengan kata lain pertumbuhan penduduk bernilai posifti. dan begitu juga sebaliknya. 

Kriteria Pertumbuhan Penduduk

Dalam menganalisis tinggi rendahnya pertumbuhan penduduk, maka di perlukan adanya indikator atau kriteria yang membatasi sejauh mana pertumbuhan penduduk di suatu negara berlangsung. Menurut Dibyo Soegimo (2009) dalam bukunya menjelaskan ada 3 klasifikasi pertumbuhan penduduk yang harus kita pahami, yakni sebagai berikut:
  • Pertumbuhan penduduk termasuk cepat apabila pertumbuhan 2% lebih dari jumlah penduduk tiap tahun, 
  • Pertumbuhan penduduk termasuk sedang apabila pertumbuhan itu antara 1%-2%, 
  • Pertumbuhan penduduk termasuk lambat apabila pertumbuhan itu antara 1% atau kurang. 
Penting !., Angka pertumbuhan penduduk adalah angka yang menunjukkan tingkat pertambahan penduduk per tahun dalam jangka waktu tertentu yang dinyatakan dengan persen (%). Angka tersebut (dalam persen) dapat dijadikan indikator setelah menghitung angka pertumbuhan penduduk.


Cara Menghitung Angka Pertumbuhan Penduduk


Dalam menghitung pertumbuhan penduduk, kita dapat bedakan menjadi dua cara yaitu berdasarkan pertumbuhan penduduk alami, pertumbuhan penduduk migrasi, dan pertumbuhan penduduk total. berikut adalah penjelasannya:
Pertumbuhan Penduduk Alami
Pertumbuhan penduduk alami merupakan selisih antara angka kelahiran dan kematian. Kita dapat menghitung angka pertumbuhan penduduk alami dengan menggunakan persamaan di bawah ini.
Pt = Po + (L - M)
Untuk melihat pertumbuhan penduduk alami dalam persen (%) dapat menggunakan rumus di bawah ini:
% = L - M / Po (100%)
Keterangan: 
Pt   = jumlah penduduk tahun akhir perhitungan, 
Po  = jumlah penduduk tahun awal perhitungan, 
L    = jumlah kelahiran, 
M   = jumlah kematian, 
%   = persentase pertumbuhan penduduk alami.


Pertumbuhan Penduduk Migrasi


Pertumbuhan penduduk migrasi adalah selisih antara angka penduduk masuk dan angka penduduk keluar. Kita dapat menghitung angka pertumbuhan penduduk migrasi dengan menggunakan persamaan di bawah ini.
Pt = Po + (M - K)
Untuk melihat pertumbuhan penduduk migrasi dalam persen (%) dapat menggunakan rumus di bawah ini:
% = M - K / Po (100%)
Keterangan: 
Pt   = jumlah penduduk tahun akhir perhitungan, 
Po  = jumlah penduduk tahun awal perhitungan, 
M    = jumlah penduduk masuk, 
K   = jumlah penduduk keluar, 
%   = persentase pertumbuhan penduduk migrasi.


Pertumbuhan Penduduk Total


Pertumbuhan penduduk total adalah perubahan jumlah penduduk yang diakibatkan oleh selisih jumlah kelahiran, kematian, imigrasi dan emigrasi. untuk menghitung pertumbuhan penduduk total dapat menggunakan persamaan di bawah ini:
Pt = Po + (L - M) + (M - K)
Untuk melihat pertumbuhan penduduk migrasi dalam persen (%) dapat menggunakan rumus di bawah ini:
% = (M - K) + (L - M) / Po (100%)
Keterangan
Pt = jumlah penduduk tahun akhir perhitungan, 
Po = jumlah penduduk tahun awal perhitungan, 
L = jumlah kelahiran, 
M = jumlah kematian, 
M    = jumlah penduduk masuk, 
K   = jumlah penduduk keluar, 
% = persentase pertumbuhan penduduk total.