Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

Adab (Etika) Pergaulan Menurut Agama Islam (Versi Akhlaqul Banin)

Pergaulan merupakan proses sosialisasi antara individu dengan invidu yang dalam dalam sebuah komunitas masyarakat. Adab atau etika pergaulan memiliki peranan yang sangat penting dan juga penerapannya bertujuan untuk menjaga keberlangsungan dan kerharmonisan pergaulan antara individu dengan individu yang lain. 




Silahkan Baca Juga:
Pengertian Etika Lengkap dengan Macam, Contoh,
Etika Penelitian yang Sebaiknya Dilakukan Oleh Peneliti
Pengertian Sosialisasi Beserta Tujuan, Media, 

Oleh karena itu, adab atau etika pergaulan dapat diartikan sebagai suatu aturan pergaulan yang tersirat dalam sistem sosial masyarakat. Penerapan adab atau etika dalam pergaulan secara umum dapat berupa hal – hal sebagai berikut :

#1. Rendah diri dalam mendengarkan ucapan atau perkataan yang di tujukan kepada kita
Sudah semestinya seorang remaja dalam menuntut ilmu selalu memperhatikan ucapan atau nasihat yang di tujukan kepada dirinya dengan rasa penuh hormat dan rendah diri, tidak cuek terhadap apa yang di ucapkan oleh orang lain. Dengan mendengarkan perkataan orang lain dengan baik, secara tidak langsung kita akan memberikan rasa hormat kepadanya. Orang lain akan lebih senang apabila ucapan atau perkataanya di dengarkan dengan baik.

#2.Tidak besar hati atau sombong kepada teman dan orang lain
Dalam pergaulan, perasaan yang dapat menghancurkan tali persaudaraan dengan teman salah satunya adalah sombong. Membanggakan diri atau sombong merupakan sifat buruk yang harus di hindari oleh pelajar. dengan bersifat tidak besar hati (alias sombong), seseorang akan lebih di sayangi oleh teman dari pada seseorang yang sombong.

#3.Memiliki rasa kasih sayang kepada teman dan tidak pandang bulu
Banyak ayat - ayat allah swt dan hadits nabi muhammad saw, yang menyerukan kepada umatnya untuk meningkatkan rasa kasih sayang kepada saudara, orang tua, teman, dan orang lain. Sudah semestinya kita sebagai hamba allah dan umat dari nabi muhammad saw, mengikuti apa yang telah beliau syiarkan untuk selalu menebar rasa kasih sayang kepada seluruh teman dan saudara kita.

#4.Saling membantu dan saling mengayomi dalam berbagai macam hal.
Wujud dari rasa kasih sayang adalah seperti suka menolong dan membantu apa bila terdapat kesusahan yang di alami oleh teman, selalu mengingatkan untuk selalu berbuat baik, dan menghindarkan hal buruk agar tidak menimpa teman.

#5.Tidak suka pamer harta benda serta kedudukan yang dimiliki 
Harta dan kedudukan merupakan prestasi yang dapat di peroleh oleh seseorang. namun tidak semestinya untuk di pamerkan kepada saudara atau teman. Hal tersebut dikarenakan dapat meruntuhkan harga diri. dengan tidak pamer harta dan kedudukan, akan membuat hubungan pertemanan langgeng dan harmonis.

Dan masih banyak lagi adab atau etika dalam pergaulan yang masih akan terus berkembang seiring dengan perkembangan sosial. 

Terdapat adab yang penting untuk di perhatikan dalam pergaulan. Adab tersebut adalah menyimpan rahasia teman dan tidak menngumbar kepada orang lain. Orang yang tidak mau menyimpan rahasia teman akan dapat merusak harga diri dan menurunkan drajatnya dirinya sendiri di hadapan orang lain.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Adab (Etika) Pergaulan Menurut Agama Islam yang kami rangkum dari kitab Akhlaqul Banin yang dapat anda jadikan referensi dalam penulisan makalah adab pergaulan. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. 

RECOMENDED TO READ


Top