Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

SHALAT ISYRAQ (Pengertian, Dalil Hadits, Keutamaan, Niat, Tata Cara) LENGKAP

Pengertian shalat isyraq adalah shalat sunah dua rakaat yang dilaksanakan ketika matahari terbit. Keutamaan melaksanakan shalat istirahat akan memperoleh pahala yang setara dengan pahala melaksanakan ibadah haji dan umroh yang sempurna dan betul-betul sempurna.


Yang demikian apabila diawali dengan shalat subuh berjamaah di Masjid Diteruskan dengan duduk berdzikir kepada Allah hingga sampai terbit matahari di arah timur.

DALIL HADITS SHALAR ISYRAQ


من صلى الغداة في جماعه ثم قعد يذكر الله حتى تطلع الشمس، ثم صلى ركعتين كانت له كاجر حجة وعمرة تامة، تامه، تامة.-  روا الترمذي


Artinya: barangsiapa shalat subuh dengan berjamaah, kemudian ia duduk sambil berzikir kepada Allah sampai terbit matahari, Kemudian shalat dua rokaat, maka baginya mendapat pahala sebagaimana pahala ibadah haji dan umroh yang sempurna, yang sempurna, yang sempurna - HR Tirmidzi

Berdzikir yang dimaksud adalah dengan selalu mengingat atau menyebut asma asma Allah atau kalimat-kalimat yang menunjukkan mengingat Allah. seperti memperbanyak membaca istighfar (Astaghfirullah aladzim), tasbih (Subhanallah), tahlil (La Ilaha Illallah) dan sebagainya. atau dengan membaca Alquran, pengajian, mujahadaH, dan lain sebagainya.

Selama di dalam masjid duduk dan berdzikir tetap dalam kondisi tidak berhadas dan tidak berbicara tentang urusan duniawi. Sudah barang tentu dilakukan dengan penuh tulus ikhlas karena Allah Semata.

NIAT DAN TATACARA SHALAT ISYRAQ

Cara melaksanakan shalat isyraq sama dengan cara melaksanakan shalat sunnah biasa yang lain. hanya lafal niatnya saja yang berbeda. Adapun lafal niat shalat istikharah adalah sebagai berikut:

اصلى سنة الاشراق ركعتين لله تعالى

Artinya saya sengaja shalat sunnah isyraq dua rakaat karena Allah Ta'ala

Surat yang dibaca dalam shalat isyraq pada dasarnya bebas. surat dan ayat Alquran yang mana yang akan dibaca. hanya saja sementara ulama yang berpendapat bahwa surat atau ayat yang dibaca pada rakaat pertama setelah membaca Al Fatihah membaca ayat kursi (surat Al Baqarah ayat 225) dan rakaat kedua setelah membaca surat Al Fatihah membaca 2 ayat yang terakhir dari surat al-baqarah (surat al-baqarah ayat 285 dan 286).

Demikian ulasan artiikel kami terkai SHALAT ISYRAQ (Pengertian, Dalil Hadits, Keutamaan, Niat, Tata Cara) yang dapat anda jadikan sebagai pedoman dalam peningkatan ibadah. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung. 

RECOMENDED TO READ


Top