Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

SHALAT INTIZHAR (Bacaan Niat, Tata Cara, Dalil Hadits, Hukum, Keutamaan) LENGKAP

Pengertian Shalat intidzar adalah shalat sunnah yang dilaksanakan di antara dua adzan dan iqomat Untuk Menunggu datangnya Imam, menjelang dilaksanakannya shalat fardhu LIMA waktu, termasuk didalamnya shalat Jumat, kecuali ada khutbah.



DALIL HADITS SHALAT INTIZHAR

Nabi Muhammad SAW bersabda
عن عبد الله بن مغفل رضي الله عنه قال: قال رسول الله ص م بين كل اذانين صلاه بين كل اذانين صلاة بين كل اذانين صلاة وفى الثالثة لمن يشا - رواه البخرى و مسلم


Artinya: Dari abdullah anak munghaffal ra berkata: bersabda rasulullah saw: di antara setiap dua adzan ada shalat, antara setiap dua adzan ada shalat, antara setiap dua adzan ada shalat. pada sabdanya yang ketiga:  barangsiapa yang menghendaki. -  (HR Bukhari Muslim)

TATA CARA SHALAT INTIDZAHR

Cara melakukan shalat intizhar sama halnya shalat dua rokaat pada umumnya. Adapun jumlah rakaat nya minimal dua rakaat dan maksimal tidak ada ketentuannya. asal mau hingga sampai iqomat pada saat itu di kumandang kan. kalau pada hari jumat yang nggak sampai khutbah pada hari itu mulai dibacakan dan hukumnya sunnah ghairu muakkad

BACAAN NIAT SHALAT INTIZHAR


أُصَلِّى سُنَّةَ اْلإِنْتِظَارِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى


Artinya saya niat shalat sunnah 2 rakaat karena Allah Ta'ala

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan SHALAT INTIZHAR (Dalil Hadits, Hukum, Bacaan Niat, Tata Cara, Keutamaan) LENGKAP. Mari tambahi ibadah kita salah satunya dengan menunaikan ibadah shalat intizhar ini di saat kita menunggu hadirnya imam guna menyempurnakan shalat - shalat fardhu kita. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.