Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

Pengertian TENAGA KERJA dan Jenis - Jenisnya Menurut Para Ahli Ekonomi

Pengertian Tenaga Kerja - Dalam dunia perindustrian, atau bahkan secara umum sering di jumpai istilah tenaga kerja yang digunakan dalam kehidupan sehari - hari. Namun pastinya anda membaca artikel ini belum tau apa yang di maksud dengan tenaga kerja ?. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, penulis mengajak anda semua untuk memahami bersama apa yang di maksud dengan tenaga kerja itu sendiri, dan apa perbedaan tenaga kerja dengan angkatan kerja, serta apa saja jenis - jenis tenaga kerja.


Pengertian TENAGA KERJA Jenis - Jenisnya Menurut Para Ahli Ekonomi


Pengertian Tenaga Kerja Secara Umum

Pengertian tenaga kerja adalah setiap anggota masyarakat yang mampu, mau, dan siap melaksanakan suatu pekerjaan untuk menghasilkan barang atau jasa, memenuhi kebutuhan sendiri maupu orang lain, berorientasi profit ataupun non profit. Perlu diketahui, bahwa semua anggota masyarakat dapat dikatakan sebagai tenaga kerja. Hal tersebut dikarenakan kemampuan, kemauan, dan kesiapan fisik dan mental yang di miliki oleh setiap individu masyarakat yang berbeda - beda. 

Anggota masyarakat dapat dikatakan sebagai tenaga kerja apabila dia mampu melaksanakan suatu pekerjaan dengan kapasitas dan kapabilitas yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang di hadapi. Kamauan dari anggota masyarakat untuk melaksanakan suatu pekerjaan sangat ditentukan oleh harapan yang akan di capai olehnya. Selanjutnya, kesiapan yang harus di miliki oleh tenaga kerja tersebut atas suatu hal yang akan di hadapi dalam sebuah pekerjaan, termasuk resiko yang buruk sekalipun. 

Pengertian Tenaga Kerja Menurut Para Ahli

Terkait dengan pengertian tenaga kerja, Banyak para ahli di berbagai bidangnya memberikan pendapat terkait dengan definisi dari tenaga kerja. berikut adalah pendapat para ahli terkait dengan definisi tenaga kerja:

Definisi tenaga kerja adalah penduduk yang berada pada rentang usia kerja yang siap melaksanakan pekerjaan, antara lain mereka yang telah bekerja, mereka yang sedang mencari kerja, mereka yang sedang menempuh pendidikan (sekolah), dan juga mereka yang sedang mengurus rumah tangga. - Ritonga dan Yoga Firdaus (2007)

Definisi Tenaga kerja adalah semua orang yang mau ataupun bersedia dan memiliki kesanggupan untuk bekerja, termasuk mereka yang menganggur meskipun mau dan mampu untuk bekerja, akan tetapi terpaksa menganggur karena tidak adanya kesempatan kerja. - Sumitro Djojohadikusumo (1987) 

Tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan perkerjaan untuk mengasilkan barang atau jasa guna memenuhi kebutuhan sendiri ataupu masyarakat - UU no 13 Tahun 2013

Tenaga kerja adalah penduduk yang telah berumur 15 tahun keatas dan telah mampu untuk melaksanakan pekerjaan. - Disnaker (2007)

Tenaga kerja adalah penduduk yang telah atau sedang bekerja, yang sedang mencari pekerjaan dan juga melaksanakan kegiatan misalnya bersekolah dna juga mengurus rumah tangga. - DR Payaman Siamanjuntak



Jenis - Jenis Tenaga Kerja Secara Umum

Kategori tenaga kerja sangatlah luas, Namun jika meninjau jenis - jenis tenaga kerja secara umum dan di dasarkan atas pendapat salah satu tokoh di atas, dapat di tarik suatu kesimpulan bahwa jenis tenaga kerja di bagi menjadi dua yaitu angkatan kerja dan bukan angkatan kerja.

#1- Angkatan Kerja
Pengertian angkatan kerja adalah penduduk (anggota masyarakat) yang telah memasuki usia kerja, baik yang belum mendapatkan suatu pekerjaan, mencari pekerjaan, ataupun yang sudah memiliki pekerjaan. Pada umumnya, penduduk yang telah memasuki usia kerja adalah anggota masyarakat yang memiliki umur 15 - 64 tahun. Perlu di garis bawahi, bahwa angkatan kerja terbatas pada umur. Apabila anggota masyarakat memiliki umur kurang dari 15 tahun atau lebih dari 64 tahun, maka tidak dapat dikatakan sebagai angkatan kerja. 

#2- Bukan Angkatan Kerja
Pengertian bukan angkatan kerja adalah penduduk (atau anggota masyarakat) yang belum memasuki atau melebihi usia kerja (usia kerja = 15 - 64 tahun). Umumnya, tenaga kerja jenis ini adalah golongan para pelajar (<15 tahun) dan orang yang lanjut usia (>64 tahun). Hal tersebut di karenakan kemampuan dalam pencapaian suatu pekerjaan yang tidak mumpuni (tidak mampu), baik kapasitas maupun kapabilitas dari suatu pekerjaan.

Jenis - Jenis Tenaga Kerja Berdasarkan Kualitas 

Faktor kualitas dalam tenaga kerja, juga menjadi hal yang penting untuk di perhatikan. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap pencapaian hasil dari suatu pekerjaan yang di hadapi. Semakin berkualitas suatu tenaga kerja, maka akan semakin baik hasil dari pekerjaan yang di lakukan. Berikut adalah jenis tenaga kerja berdasarkan kualitasnya:

#1 - Tenaga Kerja Terdidik
Tenaga kerja terdidik adalah tenaga kerja yang memiliki keahlian di bidang tertentu dalam suatu pekerjaan (memiliki nilai lebih) yang di peroleh dari pendidikan formal maupun pendidikan nonformal. Contoh tenaga kerja terdidik adalah dokter, pengacara, guru, dan lain sebagainya.

#2 - Tenaga Kerja Terlatih
Tenaga kerja terlatih adalah tenaga kerja yang memiliki keahlian di bidang terntentu dalam suatu pekerjaan yang juga memiliki nilai libih. Keahlian tersebut di perolehnya dari pengalaman - pengalaman sebelumnya dalam melaksanakan suatu pekerjaan sejenis. Contoh dari tenaga kerja terlatih adalah mekanik, electronika, tukang bangunan, dan lain sebagainya.

#3 - Tenaga Kerja tidak Terdidik dan tidak Terlatih
Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih adalah tenaga kerja yang tidak memiliki keahlian khusus di bidang apapun, Namun memiliki tenaga yang mampu di manfaatkan untuk melaksanakan suatu pekerjaan. Contoh dari tenaga kerja jenis ini adalah buruh tani, buruh pabrik, dan lain sebagainya.

Perbedaan antara tenaga kerja tedidik dan terlatih adalah terletak pada proses perolehan suatu keahlian, dimana tenaga kerja terdidik memperoleh keahlian dari pendidikan, dan sedangkan tenaga kerja terlatih mendapatkan keahlian dari pengalaman - pengalaman sebelumnya. 

Masalah yang ada pada tenaga kerja adalah tenaga kerja yang tidak memiliki keahlian khusus dalam bidang suatu pekeraan namun memiliki tenaga yang dapat di manfaatkan. Tenaga kerja jenis ini memelukan adanya lapangan pekerjaan. untuk dapat lebih jelas memahami masalah terkait tenaga kerja, silahkan lihat vidio di bawah ini 



Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Tenaga kerja Jenis - Jenisnya Menurut Para Ahli Ekonomi yang kami rangkum dari berbagai macam literatur. Mohon maaf bila ada kesalahan atau ketidak cocokan teori. Semoga bermanfaat dalam pembuatan makalah atau materi tenaga kerja. Terima kasih telah berkunjung

RECOMENDED TO READ


Top