Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

Pengertian dan Perbedaan KEBUTUHAN dan KEINGINAN Serta Contoh Kongkritnya

Kebutuhan dan Keinginan - Kita sebagai mahluk sosial yang hidup di dunia ini, tidak akan pernah lepas dari yang namanya sandang, papan, dan pangan yang di gunakan dan di konsumsi dalam setiap harinya. Kebutuhan dan keinginan mendasari insting manusia dalam menentuan jenis sandang, papan, papan yang bagaimana yang hendak di pilihnya. 

Pengertian dan Perbedaan KEBUTUHAN dan KEINGINAN Serta Contoh Kongkritnya

Buruk atau baiknya keputusan yang di ambil di pengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pemahaman kita terkait dengan kebutuhan dan keingingan serta perbedaan dari kedua hal tersebut. Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya secara singkat. 

Pengertian Kebutuhan Secara Umum 

Secara umum, Kebutuhan adalah segala sesuatu yang keberadaanya sangat penting bagi manusia untuk dapat melakukan aktifitas dalam kehidupan sehari - hari, baik itu sandang, papan, ataupun pangan yang dapat memberikan kepuasan, kesejahteraan, kecukupan, dan kenyamanan. 

Berdasarkan prioritas dalam kehidupan sehari - hari, kebutuhan menempati posisi utama dari pada kinginan. dan yang paling penting, kebutuhan tidak dapat lepas dari kehipan sehari - hari seseorang. terdapat beberapa pendapat para ahli yang mendefinisikan kebutuhan. Pendapat tersebut adalah sebagai berikut:

Pengertian Kebutuhan Menurut Para Ahli

Kebutuhan adalah sebuah konstruk yang menunjukkan “sebuah dorongan dalam wilayah otak” yang mengatur berbagai proses seperti persepsi, pikiran, dan tindakan dengan maksud untuk mengubah kondisi yang ada dan tidak memuaskan. -  (Murray, 1938).

Kebutuhan Terbagi menjadi terbagi menjadi beberapa hirarki, yang pertama kebutuhan fisik, kedua kebutuhan rasa aman, yang ketiga kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, dan yang terakhir adalah kebutuhan aktualisasi diri. - (Abraham Maslow, 1970)


Berbeda dengan pendapat maslow, Gardner Murphy mengklasifikasikan kebutuhan menjadi 4 dasar, yaitu: pertama kebutuhan dasar, kebutuhan akan kegiatan, kebutuhan sensori, dan yang terakhir adalah kebutuhan untuk menolak akan suatu hal yang tidak sesuai dengan kehendak pribadi. - (Gardner Murphy, 1990)


Pengertian Keinginan Secara Umum

Secara umum, Keinginan adalah segala kebutuhan yang lebih dan keberadaanya tidak begitu penting bagi manusia untuk dapat melakukan aktifitas dalam kehidupan sehari - hari. Pemenuhan keinginan sesorang bertujuan untuk mendapatkan esejahteraan, kecukupan, dan kenyamanan yang lebih dari cukup. Berdasarkan prioritas dalam kehidupan sehari - hari, keinginan menempati posisi kedua setelah kebutuhan. 

yang paling penting, keinginan tidak akan berpengaruh penting terhadap kelangsungan hidup manusia walaupun keinginan tersebut tidak terpenuhi (setelah kebutuhan terpenuhi). terdapat beberapa pendapat para ahli yang mendefinisikan keinginan. Pendapat tersebut adalah sebagai berikut:


Pengertian Keinginan Menurut Para Ahli


Pengertian Keinginan adalah suatu satu sikap yang berlangsung terus menerus yang memolakan perhatian seseorang, sehingga membuat dirinya jadi selektif terhadap objek minatnya. selain itu, perasaan yang menyatakan bahwa satu aktivitas, pekerjaan, atau objek itu berharga atau berarti bagi individu. Dan di dalam kondisi yang lain, satu keadaan motivasi, atau satu set motivasi, yang menuntun tingkah laku menuju satu arah (sasaran) tertentu (Kamus lengkap psikologi dalam Chaplin, 2008).

Dalam keinginan seseorang terdapak hal hal yang mendasari antara lain adalah, adanya ketertarikan terhadap objek tertentu, adanya perasaan senang dalam diri yang memberikan perhatian pada objek tertentu, adanya kecenderungan berusaha lebih aktif, adanya aktivitas atas objek tertentu, objek atau aktivitas tersebut dipandang fungsional dalam kehidupan, kecenderungan bersifat mengarahkan dan mempengaruhi tingkah laku individu. (Rast, et al on Mulyati, 2004) 

Definisi Keinginan secara umum adalah sesuatu yang berhubungan dengan daya gerak yang mendorong kita cenderung atau merasa tertarik pada orang, benda, kegiatan ataupun bisa berupa pengalaman yang efektif yang dirangsang oleh kegiatan itu sendiri. - (Crow & Crow on Abror, 1993).


Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan


Sifat Dampak Tolak Ukur
Kebutuhan Objektif/ Penting/ Mengikat Manfaat Fungsi
Keinginan Tidak Harus / Subjektif Kepuasan Selera
Tebal diatas menunjukkan bahwa kebutuhan adalah hal yang harus di miliki oleh seseorang. Hal tersebut dikarenakan tingkat urgensi tinggi atau keberadaanya sangat penting bagi seseorang. Pertimbangan yang penting dalam menentukan kebutahan adalah manfaat dan fungsi suatu barang atau jasa yang akan di konsumsi oleh seseorang. 

Berbeda dengan kebutuhan, Keinginan menempati posisi lain, dimana keinginan adalah hal yang tidak harus di miliki oleh seseorang. Pemenuhan keinginan umumnya selalu di dasarkan atas kepuasan yang bersifat pribadi dan cenderung menyesuaikan terhadap selera atas suatu hal. Keinginan yang bernilai negatif akan berdampak buruk terhadap seseorang, namun sebaliknya apabila Keinginan bernilai positif jika pemenuhannya memberi nilai tambah atau memberi dukungan terhadap pemenuhan kebutuhan seseorang.


Contoh Kongkrit Kebutuhan dan Keinginan


Kebutuhan: Dalam beraktifitas kita membutuhan makanan sebagai sumber energi. Dalam memenuhi kebutuhan makanan, kita cukup mengkonsumsi nasi putih, sayur, susu, dan lauk pauk yang dapat memberikan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh.

Keinginan: Dalam hal makanan, tidak hanya cukup makanan yang memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh, Namun juga harus enak, lezat, dan banyak yang dapat meningkatkan kepuasan seseorang dalam mengkonsumsi makanan. 

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian dan Perbedaan KEBUTUHAN dan KEINGINAN Serta Contoh Kongkritnya yang kami rangkum dari berbagai macam literatur. Mohon maaf bila ada kesalahan. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. 

RECOMENDED TO READ


Top