Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

Pengertian CERPEN, Struktur, Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik, dan Ciri - Ciri Cerpen [LENGKAP]

Terdapat berbagai macam jenis karya sastra yang dapat digunakan untuk mengungkapkan suatu perasaan, kisah, fenomena, dan lain sebagainya. Salah satu kerya sastra yang umum digunakan untuk menceritakan suatu kisah adalah cepen. Namun, Apa yang di maksud dengan cepen itu sendiri ? Secara sederhana, banyak dari kita sering di bingungkan dengan istilah tersebut. dan pada kesempatan kali ini, penulis mengajak pembaca bersama memahami istilah cerpen secara detail dan jelas.





PENGERTIAN CERPEN SECARA UMUM

Pengertian cerpen adalah sebuah karya sastra yang digunakan untuk menjelaskan suatu kisah yang unik dan menarik untuk di tuangkan kedalam suatu tulisan pendek secara detail dan jelas. Definisi umum yang lain terkait dengan cerpen adalah karya sastra berupa fiktif berupa kisah seseorang atau kehidupan seseorang yang di tulis secara ringkas dan pendek. Pada umumnya juga, cepen terdiri dari 10 rb kata atau kurang dari 10 halaman.

Karya tulis cerpen digunakan untuk menceritakan tentang sebuah kisah unik dan menarik tentang seseorang atau sebua kehidupan yang menarik untuk di bahas. Berdasarkan hal tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa cerpen merupakan karya sastra yang memberikan kesan tunggal, atau dengan kata lain cerpen lebih terpusat pada satu tokoh atau suatu situasi yang di bahas. Pembahasan tokoh atau situasi menggunakan kisah atau cerita yang pendek. 



PENGERTIAN CERPEN MENURUT PARA AHLI SASTRA

Para ahli di bidang sastra, yang tentunya tidak sedikit karya sastra berupa cerpen yang telah mereka hasilkan, juga memiliki definisi tersendiri mengenai apa itu cerpen. Nah perbedaan tersebut dapat kita jadikan refrensi sebagi rujukan pengetahuan kita. Berikut adalah beberapa pendapat ahli tentang pengertian cerpen:
Yang disebut cerita pendek harus memiliki bagian perkenalan, pertikaian, & penyelesaian. -  H.B. Jassin -Sang Paus Sastra Indonesia

Yang disebut cerita pendek itu harus dilihat dari kuantitas, yaitu banyaknya perkataan yang dipakai: antara 500 – 20.000 kata, adanya satu plot, adanya satu watak, & adanya satu kesan. A. Bakar Hamid 

Cerpen adalah salah satu ragam fiksi / cerita rekaan yang sering disebut kisahan prosa pendek. - Aoh. KH.


STRUKTUR CERPEN (CERITA PENDEK)

Dalam membangun sebuah kisah menarik, unik, singkat, dan enak untuk di baca, Karya sastra berupa cerpen tersebut tentunya memiliki bagian atau struktur yang jelas yang dapat memudahkan penulis dan pembaca untuk memahami isi konten yang ada dalam cerpen tersebut (tidak acak - acakan). Nah berikut adalah beberapa struktur yang ada dalam cerpen :
  1. Abstrak # ringkasan singkat cerita mulai dari awal hingga akhir (bersifat opsional)
  2. Orientasi # bagian pengenalan latar cerita yang berkaitan waktu, suasana, maupun tempat pada cerpen tersebut.
  3. Komplikasi # urutan kejadian-kejadian yang memiliki hubungan sebab akibat.
  4. Evaluasi  # konflik yang terjadi yang mengarah pada klimaks hingga muncul adanya solusi atau penyelasaian konflik dalam cerpen
  5. Resolusi # ungkapan solusi yang dialami tokoh atau pelaku.
  6. Koda # Nilai atau pelajaran yang dapat di petik oleh pembaca.

UNSUR INTRINSIK CERPEN

Seperti yang telah di bahas pada kesempatan sebelumnya yaitu pada artikel yang membahas pengertian unsur intrinsik lengkap. Pada artikel tersebut di jelaskan bahwa pengertian unsur intrinsik adalah komponen yang keberadaannya berfungsi untuk membangun karya sastra (disini berupa cerpen) dari dalam . Nah komponen atau unsur - unsur intrinsik dalam sebuah cerpen adalah sebagai berikut:
  1. Tema # ide pokok atau gagasan cerita pendek
  2. Latar # Suasana, waktu, dan tempat yang berkaitan dengan cerpen
  3. Alur # Jalannya sebuah cerita (maju, mundur, maju mundur)
  4. Penokohan # Penentuan sifat - sifat para tokoh yang ada pada cerpen
  5. Sudut pandang # Visi atau tujuan cerita yang akan di harapkan
  6. Amanat # Pesan moral yang ada dalam cerpen

UNSUR EKSTRINSIK CERPEN

Hampir sama dengan intrinsik, namun pengertian unsur ekstrinsik adalah komponen yang keberadaannya berfungsi untuk membangun cerita pendek dari luar (kalau intrinsik dari dalam). Hal tersebut seperti apa yang telah di bahas pada artikel sebelumnya yang berjudul pengertian unsur ekstrinsik. Komponen - komponen ekstrinsik adalah sebagai berikut:
  1. Latar belakang masyarakat # lingkungan masyarakat dapat mempengaruhi sudut pandang dan sudut pandang penulis dan gaya bahasa yang 
  2. Latar belakang pengaran # Meliputi sejarah hidup, kondisi psikologis, pengetahuan dan pengalaman, aliran sastra, yang memiliki pengaruh terhadap kepribadian pengarang cerpen
  3. Nilai Moral # Pesan atau amanat yang hendak di sampaikan, baik berupa nilai agama, nilai sosial, Nilai budaya, motivasi , dan lain sebagainya.

KARAKTERISTIK ATAU CIRI - CIRI CERPEN

Berdasarkan pengertian diatas, dapat di tarik kesimpulan bahwa karya sastra berupa cerpen memiliki karakteristik tersendiri yang membedakan dengan karya sastra yang lain. Ciri - ciri cerpen yang dapat kita ketahui adalah sebagai berikut:
  • Berbentuk karangan pendek yang lebih pendek dari sebuah buku novel
  • Bersifat fiksi atau cerita nyata
  • Terdiri dari kruang lebih 10.000 kata atau 10 halaman
  • Hanya memiliki satu alur yang jelas
  • Membahas tokoh atau peristiwa yang unik dan menarik
  • Penokohan sederhana
  • Menggunakan kata dan kalimat yang efektif dan mudah untuk di pahami
  • Terdapat pesan dan kesan yang tersirat di dalamnya.
Untuk dapat lebih mudah dalam memahami cerpen anda dapat melihat vidio di bawah ini 



Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian CERPEN, Struktur, Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik, dan Ciri - Cirinya [LENGKAP] yang kami rangkum dari berbagai macam sumber literatur online. Semoga bermanfaat dala pembuatan makalah dan materi tentang cerpen. Mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan. Terima kasih telah berkunjung.

RECOMENDED TO READ


Top