Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

Pengertian Produk Rata-Rata, dan Kurva, Rumus, Konsep, serta Contoh Produk Rata-Rata

Konsep lain yang sering digunakan dalam teori produksi adalah produk rata-rata. Pengertian Produk rata-rata adalah rasio antara produksi dengan faktor produksi yang digunakan. Pengertian Kurva produk rata-rata (average product curve) merupakan kurva yang menunjukkan hubungan antara penggunaan faktor produksi yang dipergunakan dan produk rata-rata pada bermacam tingkat penggunaan faktor produksi. 


Apabila produk rata-rata dinyatakan dalam satuan fisik, kurva itu dinamakan kurva produk fisik rata-rata (average physical product curve). Hubungan antara Produk Total dan Produk Rata-rata disajikan pada gambar di bawah ini.
Hubungan Antara Produk Total, Produk Rata-Rata dan Produk
Dalam keseharian konsep ini sering digunakan yaitu produktivitas lahan atau biasa disebut produktivitas saja, menggambarkan produksi per luas lahan atau produksi per hektar. Contoh lain adalah produktivitas kerja, yang menunjukkan perolehan produksi per tenaga kerja atau produlsi per jam kerja. 

Apabila produk total dinyatakan dengan Y, sedang faktor produksi yang dipakai dinyatakan dengan X, maka produk rata-rata itu besarnya sama dengan Y/X. Pada tiap tingkat pemakaian faktor produksi, besar produk rata-rata itu dapat dihitung dengan mencari nilai hasil bagi tersebut. Pada gambar di atas, produk rata-rata di titik C ialah Y2/X2. Perhatikan segitiga COX2 besar hasil bagi Y2/X2 ditunjukkan oleh tangen sudut COX2  atau sudut   dalam grafik.

tg ∝ = 0Y2/0X2 

Secara umum dapat dinyatakan bahwa produk rata-rata di tiap titik dari kurva produk total itu besarnya sama dengan tangen dari sudut yang dibentuk oleh garis yang ditarik dari titik pangkal 0 ke titik bersangkutan dan garis horizontal. Pada saat sudut tangen  itu mencapai maksimum, pada tingkat pemakaian faktor produksi sebesar itulah akan tercapai produk rata-rata yang maksimum (dalam grafik 26 pada tingkat pemakaian faktor produksi sebesar OX2). 

Titik C merupakan titik singgung terluar antara kurva produk total dan garis yang ditarik dari titik pangkal 0. Kondisi inilah yang menunjukkan bahwa tg  maksimum atau penggunaan faktor produksi sebesar 0X2 akan mencapai produk rata-rata maksimum. Total produksi yang diperoleh saat itu mencapai 0Y2  satuan. Konsep produk rata-rata ini sering digunakan dengan sebutan produktivitas. 

Demikian ulasan artikel kami terkait Pengertian Produk Rata-Rata, dan Kurva, Rumus, Konsep, serta Contoh  Produk Rata-Rata yang dapat anda jadikan bahan sebagai makalah produk total. Semoga bermanfaat dan mohon maaf bila ada kesalahan. 

Sumber: Hariyati, Yuli. 2007. Ekonomi Mikro. Jakarta: CSS.