Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

Pengertian MASYARAKAT MADANI, Ciri - Ciri, Unsur, Syarat, dan Contohnya (LENGKAP)

Pengertian Masyarakat madani (Civil Society) adalah masyarakat / sekelompok orang yang memiliki yang memiliki adab yang digunakan dalam membangun, menjalani, dan memaknai kehidupan. Adab yang di gunakan dalam membangun, menjalani, dan memaknai kehidupan didasarkan pada aturan agama yang disesuaikan dengan kepercayaan agama masing - masing masyarakat. 

Pengertian MASYARAKAT MADANI Menurut Para Ahli Lengkap dengan Ciri - Cirinya

PENGERTIAN MASYARAKAT MADANI MENURUT PARA AHLI

Pengertian tersebut adalah pengertian masyarakat madani secara umum. Namun terdapat beberapa ahli di bidang tertentu yang mengemukakan pendapat tentang definisi dari adanya masyarakat madani. Berikut adalah pendapat para ahli terkait dengan masyarakat madani :

#1. Anwar Ibrahim
Pendapat anwar ibrahim terkait pengertian masyarakat madani yaitu, masyarakat madani merupakan suatu sistem sosial yang terbentuk dan subur yang berlandaskan pada prinsip - prinsip moral. Prinsip moral tersebut memiliki fungsi dalam menjamin kebebasan antara kesetabilan masyarakat dan kebebasan individu dalam bermasyarakat. Kebebasan individu dalam bermasyarakat dapat berupa berkeasi seni, pemikiran luas, dan lain sebagainya. 

#.2 Thomas Paine
Thomas paine menjlaskan bahwa masyarakat madani merupakan suatu ruang tempat sosial bagi masyarakat untuk dapat menumbuhkan dan mengembangkan potensi kepribadiannya masing - masing serta memberikan peluang bagi pemenuhan kebutuhan dan keinginan masyarakat tanpa adanya unsur paksaan dan dilakukan secara bebas. 

#3. Ernest Gellner
Menurut salah satu pemikir politik yang berpengaruh di dunia bernama Ernest Gellner, pengertian dari masyarakat madani adalah sutau kelompok asosiasi, lembaga atau institusi yang memiliki kemampuan yang cukup kuat untuk mempengaruhi terjadinya tirani politik ( tirani politik adalah otoritas yang di salah gunakan seperti pembungkaman terhadap suara rakyat, kewenangan yang di rubah menjadi kesewenangan, dsb), baik itu oleh lembaga pemerintahan negara atau  komunitas sosial lain.

#4. Dawan Rahardjo 
Menurut ketua direktur lembaga studi agama yang bernama dawan rahardjo ini, pengertian masyarakat madani adalah suatu proses penciptaan per-adaban masyarakat yang mengacu atau di dasarkan pada kebijakan yang di akui dan di setujui oleh anggota masyarakat secara bersama - sama.


UNSUR - UNSUR MASYARAKAT MADANI

Sistem dalam sebuah masyarakat madani tidak dapat muncur begitu saja dengan sendirinya. Dalam masyarakat madani terdapat unsur - unsur sosial yang menjadi suatu persyaratan penting dalam terbentuknya masyarakat madani. Beberapa unsur pokok masyarakat madani adalah sebagai berikut..
  • Adanya wilayah publik yang luas 
  • Demokrasi
  • Toleransi
  • Pluralisme
  • Keadilan sosial

SYARAT TERBENTUKNYA MASYARAKAT MADANI

Dalam membangun sebuah masyarakat madani terdapat beberapa syarat yang perlu ada (penting) dalam masyarakat. Syarat - syarat tersebut adalah sebagai berikut:
  • Kebutuhan dasar individu, keluarga, dan juga kelompok yang ada dalam kelompok masyarakat terpenuhi dengan baik
  • Tebentuk dan Berkembangnya modal manusia (human capital) dan modal sosial (social capital) yang kondusif
  • Adanya jaminan, kepastian, dan kepercayaan dari setiap jaringan-jaringan kemasyarakatan
  • Terselenggaranya sistem pemerintahan yang lembaga-lembaga ekonomi hukum, sosial berjalansecara produktif dan berkeadilan sosial 
  • Tidak adanya diskriminasi dalam berbagai bidang
  • Adanya Hak, kemampuan, dan kesempatan bagi seluruh pihak dalam masyarakat madani
  • Adanya sikap toleransi antara setiap anggota masyarakat. 

KARAKTERISTIK ATAU CIRI - CIRI MASYARAKAT MADANI

Masyarakat madani memiliki cirikhas tersendiri yang membedakannya dengan jenis masyarakat - masyarakat yang lainnya. Perbedaan tersebut dapat di tinjau berdasarkan karakteristiknya. Berikut adalah karakteristik atau ciri - ciri masyarakat madani:

#1. Social Justice (Keadilan Sosial)
Social justice atau keadilan sosial adalah salah satu syarat utama agar terciptanya masyarakat madani. social justice atau keadilan sosial tersebut memiliki makna bahwa setiap warga negara memiliki kewajiban - kewajiban dan hak - hak yang seimbang secara proporsional dalam kehidupan bermasyarakat. Hal tersebut tercantum dalam pancasila poin ke 5 yang berbunyi "Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakayt Indonesia".

#2. Democrasi ( Dekokrasi )
Demokrasi dalam masyarakat madani dianggap sangat penting adanya. Demokari dalam masyarakat madani diartikan sebagai suatu proses penegakan prinsip - prinsip demokrasi (dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat). Penegakan prinsip - prinsip demokrasi tersebut di landaskan atas dasar demi tercipanya masyarakat yang memiliki rasa cinta dan menjunjung tinggi nilai - nilai dan asas - asas demokrasi.  

Dalam penegakan prinsip - prinsip demokrasi, dapat di lakukan oleh lima pilar yang di antaranya adalah pers yang bebas, partai politik, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan supermasi hukum. 

#3. Plularisme (Memiliki Beragam Pemahaman)
Negara indonesia adalah negara yang memiliki masyarakat yang majemuk. Hal tersebut merupakan salah satu hadiah terindah yang diberikan oleh tuhan kepada kita. Hal tersebut juga, menuntut adanya sikap plularisme di antara individu dalam bermasyarakat. Plurasisme adalah sikap yang dapat memnerima dengan ikhlas dan tulus atas segala kondisi masyarakat indonesia yang majemuk ini. 

Oleh karena itu, hendakanya kita harus mensyukuri hal tersebut dan memodifikasi menjadi sebuah kekuatan yang beasr untuk membangun negara lebih kearah yang lebih positif dan lebih baik. Dan kita memiiki semboyan yang harus kita aplikasikan di dalam kehidupan bermasyarakat yaitu " Berbeda - beda tetapi tetap satu jua"

#4. Toleransi
Ciri lain yang bisa kita amati dari masyarakat madani adalah tolerasi. Toleransi sendiri merupakan sikap terbukan / dapat menerima pendapat dan pandangan orang lain yang tidak sama dengan pandangan dan pendapat pribadi baik dalam segi sosial, politik, ekonomi, dan lain sebagainya. Masyarakat madani cenderung termasuk dalam masyarakat yang heterogen. 

Hal tersebut menuntut individu dari setiap anggota masyarakat untuk memiliki sikap toleransi. Tujuannnya adalah semoboyan kita yang berbunyi "Bhinneka Tunggal Ika" tetap tegak dan jaya di bawah cengkraman sang garuda merah putih yang perkasa.

#5. Social participation (Partisipasi Sosial)
Partisipasi sosial adalah keterlibatan setiap warga negara yang memiliki hak dan kewajiban dalam berpolitik baik secara mental maupun  emonsi dengan di dasarkan rasa tanggung jawab dan tidak di sertai dengan unsur paksaan dari pihak lain. Dalam masyarakat madani kita bisa melihat partisipasi sosial seperti dalam pemelihan presiden dan wakilnya, pemilihan gubernur, pemilihan kepala desa, dan lain sebagainya. 

Contoh Masyarakat Madani - Untuk lebih jelas dalam memahami apa yang dimaksud dengan masyarakat madani, anda dapat memutar vidio di bawah ini !




Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Masyakakat Madani (Civil Society) Lengkap dengan Ciri - CIrinya yang kami rangkum dari berbagai macam literatur. Semoga bermanfaat tugas makalah masyarakat madani anda dan terima kasih telah berkunjung.