Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

15+ Contoh Paragraf Persuasi Singkat/ Kesehatan/ Lingkungan/ Pendidikan

Pengertian Paragraf persuasi adalah paragraf dengan kalimat utama yanh menunjukan makna ajakan atau bujukan dengan tujuan untuk mempengaruhi pembaca. Makna ajakan yang dituangkan keadalam paragraf persuasif tersebut dimaksudkan agar para pembaca melakukan atau mengikuti ajakan atau bujukan sang penulis tersebut. Penulisan paragraf ini didasarkan atas suatu asumsi bahwa pandangan seseorang dapat berubah.


Penulisan paragraf persuasi ini memiliki tujuan yaitu untuk mempengaruhi sikap pembaca agar merubah sikapnya seperti sikap yang di inginkan oleh penulis dengen menggunakan kalimat-kalimat ajakan dan kalimat-kalimat bujukan. Untuk memperkuat dan menyakinkan paragraf tersebut diperlukan adanya fakta-fakta, bukti-bukti, dan data-data yang kuat dan sesuai dengan pembahasannya.

Ciri-Ciri Paragraf Persuasi

terdapat beberapa ciri - ciri paragraf persuasi yang membendakan dengan macam - macam paragraf lainnya. berikut adalah ciri - cirinya :

#1. Adanya Kalimat yang Bermakna Ajakan atau Bujukan
Ciri pertama yang bisa kita amati dari paragraf narasi ini adalah paragraf ini cenderung bermakna mengajak dan membujuk. Makna mengajak dan membujuk di bungkus dalam suatu kalimat yang di dukung oleh data, fakta, atau hal hal menarik lain dengan tujuan untuk mempengaruhi sikap dari sang pembaca menjadi bersikap seperti apa yang penulis inginkan.

#2. Menggunakan Kata-Kata Ajakan atau Bujukan
Ciri kedua sangat mudah untuk diketahui yaitu adanya kata-kata yang memiliki arti ajakan. fungsi dari kata ajakan atau bujukan ini adalah mendukung dan memperjelas kalimat-kalimat yang ada dalam paragraf persuasi. kata ajakan atau bujukan biasanya seperti "Ayo", "Mari", dan Lain Sebagainya.

#3. Berusaha Menyakinkan Pembaca
Ciri yang ketiga yaitu menyakinkan pembaca. dengan menyakinkan pembaca kita akan dapat dengan mudah untuk mengubah sikap pembaca bersikap seperti yang kita inginkan. dalam menyakinkan pembaca, penulis harus mampu membuat kalimat-kalimat yang bisa membuat para pembaca yakin akan apa yang kita tuliskan yang di dukung dengan bukti, fakta dan hal menarik lainnya.

#4. Minghindari Konflik
Ciri yang terakhir dalam paragraf persuasi adalah menghindari konflik. dalam pembuatan paragraf persuasi, penulis harus menghindari hal hal yang menimbulkan konflik. ketika penulis memunculkan hal yang mengandung konflik maka para pembaca tidak akan yakin dan percaya akan tulisan penulis.

Contoh paragraf persuasi singkat

Masalah lingkungan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja namun kita sebagai masyarakat secara umum juga memiliki tanggung jawab seutuhnya untuk menjaga kelestarian lingkungan. banyak terjadi bencana alam yang diakibatkan oleh kerusakan lingkungan seperti banjir, tanah longsor, gempa, dan lain sebagainya. oleh karena itu marilah kita bersama menjaga lingkungan tetap sehat agar bencana tidak terjadi.

Contoh paragraf persuasi tentang pendidikan

pemerintah pada tahun 2018 telah mengeluarkan dana sebesar 444 triliun rupiah yang dikhususkan untuk pendidikan nasional. Dana tersebut diwujudkan beasiswa, bantuan sarana prasarana, dan kebutuhan lainnya dibidang pendidikan. Sudah sepatutnya kita sebagai pelajarmemanfaatkan itu semua dengan sebaik-baiknya khusus untuk menimba ilmu di dunia pendidikan dan tidak menggunakannya untuk keperluan lain. Oleh karena itu marilah kita terus belajar dan belajar dengan giat.

Contoh paragraf persuasi tentang iklan

Banana Midori adalah makanan sehat siap saji, kaya akan vitamin dan protein, dan lezat untuk dikonsumsi, berbagai macam varian rasa yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Ambilah uangmu dan belilah banana Midori sekarang juga sebelum kehabisan. buruan. !

Contoh Paragraf Persuasi Tentang Pertanian

Kegiatan pemupukan dengan menggunakan pupuk kimia dapat mempercepat pertumbuhan pada tanaman. Dengan mempercepat pertumbuhan tanaman maka akan dapat memberikan keuntungan yang melimpah bagi petani dari hasil panen yang lebih cepat. Namun, Terdapat dampak negatif yang ditimbulkan oleh pupuk kimia, yaitu menimbulkan pengaruh negatif terhadap lingkungan. Selain itu penggunaan pupuk kimia juga dapat membuat buah yang dihasilkan terkontaminasi dengan pupuk kimia ini sehingga kualitasnya berkurang. Oleh sebab itulah beralihlah ke pupuk kompos yang murah dan terjangkau juga aman bagi hasil panen.

Contoh paragraf persuasi tentang kesehatan

pergantian musim sering ditandai dengan masyarakat yang semakin banyak terkena penyakit. Kondisi tersebut sering disebut sebagai musim pancaroba.tidak sedikit dari masyarakat yang terserang penyakit seperti flu batuk demam dan lain sebagainya.hal tersebut dikarenakan sistem imun tubuh kita cukup rentan untuk terserang penyakit dan juga kondisi tubuh kita belum siap untuk menghadapi perubahan cuaca. oleh karena itu dalam menghadapi perubahan musim kita harus menjaga kondisi tubuh kita dengan cara memperbanyak olahraga dan mengkonsumsi makan makanan yang sehat. Dengan begitu tubuh kita akan menjadi lebih prima dan resisten terhadap serangan penyakit.

Contoh paragraf persuasi tentang lingkungan

Dewasa ini bencana sering terjadi di mana-mana. Hal tersebut dikarenakan kondisi alam kita yang mulai tidak sehat. kondisi alam yang tidak sehat tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor namun faktor yang paling berpengaruh terhadap kondisi tersebut adalah faktor manusia. perilaku manusia yang tidak bersahabat dengan lingkungan seperti membuang sampah sembarangan membakar hutan menambang kekayaan bumi tanpa adanya reboisasi mengakibatkan kualitas lingkungan menurun. Sudah semestinya kita sebagai umat manusia selalu menjaga kelestarian lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembaranganDan gemar menanam pohon.

Demikian Ulasan Artikel terkait dengan Contoh Paragraf Persuasi Lengkap dengan Pengertian dan Ciri-Cirinya. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.