Tekan(X) 2 kali untuk menutup
atau "Sukai Halaman" untuk Mendukung Kami ×

Biografi Singkat KH Hasyim Asy'ari (Pendiri Nahdlatul Ulama)

KH Hasyim Asy'ari adalah salah satu pahlawan nasional yang sangat disegani oleh masyarakat indonesia, khususnya masyarakat yang menganut agama islam. Dikalangan ulama pesantren, beliau dijuluki dengan sebutan Hadratus Syeikh (Maha Guru).


Kh. Hasyim Ay'ari belajar dasar-dasar ilmu agama  pada ayahnya. Setelah menginjak umur 15 tahun, beliau berkelana menimba ilmu di berbagai pesantren yang ada di indonesia. Hingga pada tahun 1892, beliau memutuskan untuk melanjutkan proses menimba ilmu di kota makkah.

Pada tahun 1899, sepulangnya dari Makkah, Kh Hasyim Asy'ari mendirikan Pondok Pesantren Tebu Ireng, yang kelak menjadi pesantren terbesar dan terpenting di Pulau Jawa.

Pada tahun 1925, Kh Hasyim Asy'ari menjadi salah satu pemrakarsa berdirinya Nahdlotul Ulama (NU), yang berartikan kebangkitan Ulama.

Selama masa hidupnya, Kh Hasyim Asy'ari banyak membuat tulisan dan catatan - catatan yang mencakup berbagai hal, seperti bidang pendidikan. Salah satu tulisan beliau mengenai pendidikan ialah Adab Al-alim Wal Muta'alim Fi Ahwali Ta'alumihi Wama Ta'limihi. Tulisan beliau ini menjelaskan tentang pengajar dan pelajar dalam hal - hal yang perlu di perhatikan oleh pelajar selama belajar.

Pada usia 72 tahun, tepatnya tanggal 07 september 1947, beliau meninggal dunia di jombang dan di makamkan di kawasan pondok pesantren tebu ireng, jombang.

Demikian ulasan artikel kami tentang Biografi Singkat KH Hasyim Asy'ari (Pendiri Nahdlotul Ulama) yang kami rangkum dari berbagai macam literatur. Semoga bermanfaat bagi kita sebagai kaum muslim dan bermanfaat dalam berbagai macam tulisan. Mohon maaf bila ada kekurangan dan kesalahan. Terima kasih telah berkunjung.

RECOMENDED TO READ


Top